Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Karawang akan Tutup 8 Titik U-Turn Kendaraan

Selain penutupan U-turn, di wilayah ini akan ada penyekatan kendaraan di 14 titik dengan dua prioritas utama, yakni di akses Gerbang Tol Karawang Barat dan Tanjungpura, Karawang.
Asep Mulyana
Asep Mulyana - Bisnis.com 04 Mei 2021  |  15:57 WIB
Petugas gabungan memperketat penyekatan wilayah guna meminimalisir mobilitas pemudik dengan melakukan pengecekan pemudik di perbatasan Kabupaten Bekasi dengan Kabupaten Karawang. - Antara
Petugas gabungan memperketat penyekatan wilayah guna meminimalisir mobilitas pemudik dengan melakukan pengecekan pemudik di perbatasan Kabupaten Bekasi dengan Kabupaten Karawang. - Antara

Bisnis.com, KARAWANG - Dinas Perhubungan Kabupaten Karawang akan menutup perputaran kendaraan (U-turn) di sepanjang ruas jalan arteri untuk mengantisipasi kemacetan lalu lintas pada musim libur Lebaran 2021.

Kepala Bidang Lalu Lintas Dishub Karawang Ade Safrudin mengatakan ada delapan perputaran kendaraan yang akan ditutup di antaranya pom bensin Klari, jalan lingkar luar jalan baru, Jl Tarumanegara atau akses tol Karawang Barat, serta di Cikampek, dan menuju arah Pantura.

"Penutupan U-Turn, ini diutamakan di lokasi-lokasi rawan kecelakaan. Tujuannya, untuk meminimalisasi antrean akibat adanya kendaraan yang putar balik, serta meminimalisasi kecelakaan," ujar Ade, melalui rilis yang diterima Bisnis.com, Selasa (4/5/2021).

Akan tetapi, penutupan U-turn ini akan dilaksanakan secara tentatif serta sudah adanya koordinasi dengan aparat kepolisian.

Selain penutupan U-turn, di wilayah ini akan ada penyekatan kendaraan di 14 titik dengan dua prioritas utama, yakni di akses Gerbang Tol Karawang Barat dan Tanjungpura, Karawang. Kemudian ada lima titik perbatasan dengan Kabupaten Bekasi yang juga bakal dipantau petugas gabungan.

"Titik-titik itu merupakan gerbang keluar dari wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) yang diterapkan aglomerasi. Masyarakat di wilayah itu diperbolehkan mudik lokal se-Jabodetabek," ujarnya.

Mulai 6-17 Mei, operasional Terminal Klari akan ditutup sehingga tidak ada layanan bus angkutan antar kota dalam provinsi (AKDP) dan antar kota antar provinsi (AKAP).

Dengan kebijakan ini, pihaknya mengingatkan agen-agen bus yang berada di luar Terminal Klari seperti di Bunderan Karawang Barat, Bunderan Perumnas dan Jalan Niaga untuk tutup dan tidak melayani warga yang mudik. (K60)


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

karawang Mudik Lebaran
Editor : Ajijah

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top