Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Catat, Tiga Curug Indah di Jawa Barat Ini Layak Masuk Daftar Liburan Anda

Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jawa Barat dengan tagline Smiling West Java, tengah intens mengkurasi potensi-potensi pariwisata baru di daerah. Curug salah satunya.
Curug Cikaso/Istimewa
Curug Cikaso/Istimewa

Bisnis.com, BANDUNG — Objek wisata alam di Jawa Barat tidak ada habis-habisnya. Dari pantai, pegunungan, hingga desa wisata yang indah.

Namun, Jawa Barat juga memiliki potensi objek wisata curug atau air terjun yang tak kalah eksotis dengan daerah lain.

Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jawa Barat dengan tagline Smiling West Java, tengah intens mengkurasi potensi-potensi pariwisata baru di daerah. Curug salah satunya.

Berikut tiga curug hasil kurasi yang layak masuk dalam daftar liburan Anda. Tentunya liburan usai pandemi berhasil dikalahkan.

1. Curug Cikaso

Curug Cikaso
Curug Cikaso

Sudah banyak yang tahu soal air terjun ini, tentu banyak juga yang belum. Curug Cikaso merupakan salah satu bagian dari Geopark Ciletuh. Lokasinya di Kecamatan Cibitung, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Untuk sampai ke Curug Cikaso, dari pintu masuk destinasi, kalian bisa menggunakan perahu sekitar satu kilometer menyusuri sebuah sungai atau bisa jalan kaki sambil melihat pesawahan dan pepohonan.

Curug Cikaso menawarkan Keindahan air terjun yang Jernih berwarna hijau kebiruan yang dikelilingi Perpohonan yang rimbun. Saking indahnya banyak wisatawan yang menganggap Curug ini seperti lukisan loh.

Air dari Curug Cikaso ini memiliki tiga jalur air terjun canti yang diberi nama Curug Asepan (kiri), Curug Meong (tengah) dan Curug Aki (kanan). Ketiga tumpahan air tersebut ditampung sebuah kolam besar yang sangat asyik untuk berenang atau bermain air. Selain airnya yang mengalir dengan sangat deras curug Ini juga memiliki air yang sangat segar dan indah.

2. Curug Jagapati

Curug Jagapati
Curug Jagapati

Garut juga punya curug keren. Curug Jagapati terletak di Desa Neglasari, Kecamatan Cisompet, Kaupaten Garut yang berjarak sekitar dua jam perjalanan dari Jalan Raya Garut-Cikajang. Selain dimanjakan pemandangan air terjun yang eksotis, anda juga akan disuguhi rindang dan asrinya pepohonan di sekitar loksi.

Salah satu tujuan favorit pengunjung untuk datang ke sini yaitu berfoto dengan latar air terjun yang indah. Selain itu, anda juga bisa menikmati kolam renang alami yang cocok untuk menyegarkan badan setelah perjalanan menuju ke Curug Jagapati. Airnya yang jernih bisa jadi penawar penat anda.

Ingat, untuk menuju curug, anda perlu berjalan kaki. Karena itu anda disarankan untuk menggunakan alas kaki yang nyaman.

3. Curug Cikondang

Curug Cikondang
Curug Cikondang

Curug Cikondang belakangan menjadi salah satu destinasi wisata alam yang mulai banyak didatangi wisatawan. Lokasinya ada di Desa Sungkadana, Kecamatan Cempaka, Kabupaten Cianjur berjarak sekitar 37 kilometer dari pusat Kota Cianjur.

Curug Cikondang punya karakter yang unik jika dibandingkan curug lainnya. Curug Cikondang relative tak terlalu tinggi namun punya badan yang cukup lebar. Bahkan, Curug Cikondang kerap dijuluki mini Niagara.

Paduan air terjun yang indah dan panorama alam yang hijau bisa menyegarkan mata dan menenangkan jiwa. Tak heran jika banyak wisatawan dari berbagai daerah yang menjadikan Curug Cikondang sebagi tujuan wisata khususnya di akhir pekan.

Tak cuma bisa menikmati indahnya panorama dari atas air terjun dan pemandangan alam di sekitarnya yang hijau dan asri, di sana juga kalian bisa mengacu adrenalin dengan “Canyoning” tepat di dalam curug tersebut. Pastinya safety karena ada tim Lifeguard yang memandu kita di sana.

Curug Cikondang juga menyediakan fasilitas lahan untuk tenda buat kalian yang mau bermalam di sana, berlatar suara air terjun dan pemandangan langit malam yang indah.

Tertarik? Jangan lupa jaga protokol kesehatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper