Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Baznas Kota Bandung Optimalkan Serapan Zakat Jelang Idulfitri

Oded pun meminta kepada Baznas Kota Bandung untuk berkoordinasi dan berkolaborasi dengan organisasi perangkat daerah dalam hal pendataan mustahik yang ada di Kota Bandung.
Ilustrasi/Antara
Ilustrasi/Antara

Bisnis.com, BANDUNG - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Bandung meluncurkan “Gerakan Cinta Zakat, Infaq, dan Shodaqoh” untuk mengoptimalkan pengumpulan zakat di Kota Bandung jelang Hari Raya Idulfitri.

Wali Kota Bandung Oded M Danial berharap gerakan ini bisa meningkatkan kesadaran dan masyarakat untuk mencintai zakat, infak dan sedekah. Tak hanya itu, masyarakat juga menyalurkannya ke lembaga amil zakat yang amanah seperti Baznas Kota Bandung.

“Apabila ini semakin luas dan besar, bisa membantu meringankan beban masyarakat yang kurang mampu,” ucap Oded, dikutip Jumat (30/4/2021).

Menurutnya gerakan ini merupakan amanah dari Pemerintah Pusat yang harus dilaksanakan oleh daerah. Di samping itu tentu kewajiban umat muslim sebagai hamba Allah SWT untuk membantu dan meringankan beban warga Kota Bandung yang membutuhkan.

"Ini mampu memberikan kebahagiaan, memberikan kesejahteraan kepada saudara kita yang membutuhkan,” katanya.

Lebih lanjut Oded mengatakan gerakan ini tidak hanya dilakukan pada saat bulan Ramadan saja, tapi selamanya. Tujuannya untuk mendapatkan kepercayaan dari masyarakat Kota Bandung agar mau menyalurkan zakat, infak, dan sedekahnya ke Baznas Kota Bandung.

“Program ini selamanya bukan pas Ramadan saja. Baznas harus mengembangkan kepercayaan umat bukan hanya di lingkungan ASN tapi juga umat se-Kota Bandung di luar ASN,” ujarnya.

Oded pun meminta kepada Baznas Kota Bandung untuk berkoordinasi dan berkolaborasi dengan organisasi perangkat daerah dalam hal pendataan mustahik yang ada di Kota Bandung. Sehingga penyalurannya tepat sasaran.

“Baznas harus berkoordinasi dan berkolaborasi dengan dinas terkait khusunya dengan Dinsos. Karena Dinsos yang punya data tentang mustahik di Kota Bandung,” ujar Oded.

Selain itu, Oded berharap Baznas Kota Bandung bisa berinovasi menghadirkan program-program yang dapat menjadi pelengkap bagi visi misi Kota Bandung.

“Baznas Kota Bandung harus bisa menjadi pelengkap untuk menghadirkan visi misi Mang Oded minimal unggul nyaman sejahtera dan agamis,” katanya.

Sementara itu, Ketua Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kota Bandung Akhmad Roziqqin bertekad meningkatkan perannya sebagai partner pembangunan pemerintah dalam berbagai bidang di Kota Bandung.

“Kami membulatkan tekad untuk meningkatkan peran Baznas Kota Bandung untuk menjadi partner pembangunan pemerintah Kota Bandung baik dalam bidang pendidikan, bidang kesehatan, maupun ekonomi dan sebagainya,” ucap Akhmad.

Di samping itu, menurut Akhmad, Baznas Kota Bandung akan fokus membangun kepercayaan publik dengan terus mengedukasi dan sosialisasi kepada para muzaki terkait gerakan cinta zakat, infak dan sedekah.(k34)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dea Andriyawan
Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper