Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Baznas Kota Bandung Optimalkan Serapan Zakat Jelang Idulfitri

Oded pun meminta kepada Baznas Kota Bandung untuk berkoordinasi dan berkolaborasi dengan organisasi perangkat daerah dalam hal pendataan mustahik yang ada di Kota Bandung.
Dea Andriyawan
Dea Andriyawan - Bisnis.com 30 April 2021  |  17:22 WIB
Ilustrasi - Antara
Ilustrasi - Antara

Bisnis.com, BANDUNG - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Bandung meluncurkan “Gerakan Cinta Zakat, Infaq, dan Shodaqoh” untuk mengoptimalkan pengumpulan zakat di Kota Bandung jelang Hari Raya Idulfitri.

Wali Kota Bandung Oded M Danial berharap gerakan ini bisa meningkatkan kesadaran dan masyarakat untuk mencintai zakat, infak dan sedekah. Tak hanya itu, masyarakat juga menyalurkannya ke lembaga amil zakat yang amanah seperti Baznas Kota Bandung.

“Apabila ini semakin luas dan besar, bisa membantu meringankan beban masyarakat yang kurang mampu,” ucap Oded, dikutip Jumat (30/4/2021).

Menurutnya gerakan ini merupakan amanah dari Pemerintah Pusat yang harus dilaksanakan oleh daerah. Di samping itu tentu kewajiban umat muslim sebagai hamba Allah SWT untuk membantu dan meringankan beban warga Kota Bandung yang membutuhkan.

"Ini mampu memberikan kebahagiaan, memberikan kesejahteraan kepada saudara kita yang membutuhkan,” katanya.

Lebih lanjut Oded mengatakan gerakan ini tidak hanya dilakukan pada saat bulan Ramadan saja, tapi selamanya. Tujuannya untuk mendapatkan kepercayaan dari masyarakat Kota Bandung agar mau menyalurkan zakat, infak, dan sedekahnya ke Baznas Kota Bandung.

“Program ini selamanya bukan pas Ramadan saja. Baznas harus mengembangkan kepercayaan umat bukan hanya di lingkungan ASN tapi juga umat se-Kota Bandung di luar ASN,” ujarnya.

Oded pun meminta kepada Baznas Kota Bandung untuk berkoordinasi dan berkolaborasi dengan organisasi perangkat daerah dalam hal pendataan mustahik yang ada di Kota Bandung. Sehingga penyalurannya tepat sasaran.

“Baznas harus berkoordinasi dan berkolaborasi dengan dinas terkait khusunya dengan Dinsos. Karena Dinsos yang punya data tentang mustahik di Kota Bandung,” ujar Oded.

Selain itu, Oded berharap Baznas Kota Bandung bisa berinovasi menghadirkan program-program yang dapat menjadi pelengkap bagi visi misi Kota Bandung.

“Baznas Kota Bandung harus bisa menjadi pelengkap untuk menghadirkan visi misi Mang Oded minimal unggul nyaman sejahtera dan agamis,” katanya.

Sementara itu, Ketua Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kota Bandung Akhmad Roziqqin bertekad meningkatkan perannya sebagai partner pembangunan pemerintah dalam berbagai bidang di Kota Bandung.

“Kami membulatkan tekad untuk meningkatkan peran Baznas Kota Bandung untuk menjadi partner pembangunan pemerintah Kota Bandung baik dalam bidang pendidikan, bidang kesehatan, maupun ekonomi dan sebagainya,” ucap Akhmad.

Di samping itu, menurut Akhmad, Baznas Kota Bandung akan fokus membangun kepercayaan publik dengan terus mengedukasi dan sosialisasi kepada para muzaki terkait gerakan cinta zakat, infak dan sedekah.(k34)


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pemkot bandung baznas
Editor : Ajijah

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top