Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Selama Pandemi, 100 Pelaku IKM di Karawang Peroleh Pelatihan dan Bantuan

Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Karawang melansir dalam dua tahun terakhir ada 100 pelaku industri kecil menengah (IKM) yang menerima bantuan pemulihan ekonomi dari pemerintah pusat.
Fasilitasi bantuan terhadap IKM di Karawang
Fasilitasi bantuan terhadap IKM di Karawang

Bisnis.com, KARAWANG - Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Karawang melansir dalam dua tahun terakhir ada 100 pelaku industri kecil menengah (IKM) yang menerima bantuan pemulihan ekonomi dari pemerintah pusat.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Karawang Ahmad Suroto mengatakan bantuan tersebut berupa peralatan penunjang usaha.

"IKM di Karawang ini yang aktif mencapai 300 pelaku usaha," ujar Suroto, kepada Bisnis.com, Senin (19/4/2021).

Dari ratusan pelaku IKM ini, lanjut Suroto, yang menjadi primadona adalah pelaku usaha pembuatan boneka di Kecamatan Kotabaru dan Cikampek. Serta, pelaku IKM pembuatan barang bermanfaat dari bahan baku eceng gondok di Kecamatan Cibuaya.

Khusus yang menerima bantuan dari pemerintah pusat, yaitu sebanyak 100 pelaku IKM. Selain menerima bantuan berupa peralatan, pera pelaku usaha ini juga mengikuti pelatihan meliputi bidang garmen, pembuatan batako, bengkel sepeda motor, pengelasan, sampai pengolahan makanan.

Pihaknya berharap, pelatihan ini bisa bermanfaat bagi pelaku IKM. Dengan begitu, mereka bisa meningkatkan skill dan wawasan sehingga produk ataupun jasa mereka semakin meningkat standarnya.

"Kita ingin IKM di Karawang ini bisa meningkat pesat. Serta, mampu menjadi sektor yang tetap survive di tengah Pandemi Covid-19 ini," ujarnya.

Suroto menjelaskan, IKM itu merupakan industri yang memiliki skala kecil dan menengah. Merujuk pada Peraturan Kementerian Perindustrian No 64/2016, IKM adalah industri yang memiliki karyawan maksimal 19 orang serta memiliki nilai investasi kurang dari Rp1 miliar.

"IKM bisa dikatakan UKM. Tetapi, UKM bukanlah IKM. Sederhananya begitu," ujar Suroto. (K60)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Asep Mulyana
Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper