Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Alun-alun Kejaksan Cirebon Siap Dibuka, Wali Kota: Belum Ada Tempat Swafoto

Wali Kota Cirebon Nashrudin Azis menyebutkan Alun-alun Kejaksan di Kota Cirebon, Jawa Barat, bakal dibuka untuk umum pada Senin (12/4/2021).
Wali Kota Cirebon Nashrudin Azis (kedua kiri) saat meninjau Alun-alun Kejaksan, Jumat (9/4/2021).
Wali Kota Cirebon Nashrudin Azis (kedua kiri) saat meninjau Alun-alun Kejaksan, Jumat (9/4/2021).

Bisnis.com, CIREBON - Wali Kota Cirebon Nashrudin Azis menyebutkan Alun-alun Kejaksan di Kota Cirebon, Jawa Barat, bakal dibuka untuk umum pada Senin (12/4/2021). Namun, ada beberapa catatan yang harus diperhatikan.

Azis menyebutkan, mengacu pada design engineering detail (DED) Alun-alun tersebut sudah sesuai, namun perlu beberapa tambahan lainnya untuk mempercantik landmark Kota Cirebon itu.

"Tempat swafoto di sini masih kurang. Terus, belum ada daya tarik seperti air mancur dan tempat warna-warni lainnya," kata Azis saat meninjau Alun-alun Kejaksan, Jumat (9/4/2021).

Azis mengatakan, Alun-alun Kejaksan nantinya bakal menjadi ruang terbuka untuk wisata keluarga dan religi, lantaran bersebelahan dengam masjid sejarah Kota Cirebon, yakni At-taqwa.

Ia pun memastikan, saat dibuka nanti, alun-alun tersebut bakal bebas dari pedagang kaki lima (PKL). Hal tersebut untuk memberikan kenyamanan bagi pengunjung.

"Untuk PKL kami sudah sediakan di tempat khusus," kata Azis.

Pantauan Bisnis.com, lokasi proyek Alun-alun Kejaksan masih ditutupi seng setinggi 1,5 meter. Beberapa pekerja pun terlihat memasang batu bata ekspos berwarna merah dibeberapa bagian alun-alun.

Penjagaan ketat pun dilakukan oleh sejumlah keamanan untuk menghindari warga masuk ke dalam lokasi proyek tersebut.

Agus mengatakan, berdasarkan rencana awal, alun-alun ini rampung pada akhir 2020, namun karena adanya refocusing anggaran untuk penanganan covid-19 pembangunan pun sempat dihentikan.

Anggaran revitalisasi Alun-alun Kejaksan bersumber dari Provinsi Jawa Barat. Pada tahap pertama di 2019, dianggarkan sebesar Rp30 miliar. Kemudian pada tahap kedua Maret 2020, dianggarkan Rp14,2 miliar.

Rencana revitalisasi Alun-alun Kejaksan bermula saat Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil melakukan salat subuh berjamaah di Masjid At Taqwa, Minggu (15/9/2019).

Di hadapan ratusan warga Kota Cirebon, Ridwan Kamil menyebut alun-alun di pusat Kota Udang ini bakal menjadi yang terbaik, melalui program Pemerintah Daerah Provinsi (Pemdaprov) Jawa Barat. (K45)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Hakim Baihaqi
Editor : Ajijah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper