Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Purwakarta Alokasikan Rp20,4 Miliar untuk Pilkades Serentak

Kabupaten Purwakarta akan menggelar pemilihan kepala desa (pilkades) serentak pada 25 Agustus mendatang.
Ilustrasi/Bisnis
Ilustrasi/Bisnis

Bisnis.com, PURWAKARTA - Kabupaten Purwakarta akan menggelar pemilihan kepala desa (pilkades) serentak pada 25 Agustus mendatang. Dari 183 desa yang ada, 170 di antaranya menggelar Pilkades.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Purwakarta Jaya Pranolo mengatakan proses pilkades saat ini sudah memasuki tahapan inventarisasi data pemilih sementara (DPS). Adapun inventarisasi DPS ini, merujuk pada data Pilpres 2019.

"Alhamdulillah, saat ini sudah memasuki tahapan inventarisasi DPS," ujar Jaya, Jumat (9/4/2021).

Jaya menyebutkan, anggaran pilkades serentak ini sebesar Rp20,4 miliar. Rinciannya, Rp18,4 miliar bersumber dari APBD sementara sisanya Rp2 miliar lagi dari dana desa. Adapun, anggaran dana desa itu, khusus membiayai kepentingan protokol kesehatan.

Mengingat, sampai saat ini pandemi Covid-19 masih berlangsung. Dengan begitu, saat pelaksanaan pilkades nantinya, tetap harus menjaga protokol kesehatan. Yakni, adanya pengecekan suhu tubuh, memakai masker, mencuci tangan dan lain sebagainya.

"Jadi, protokol kesehataan saat hari H ini, standarnya sama di 170 desa tersebut," ujar Jaya.

Terkait dengan pendaftaran bakal calon, Jaya menyebutkan, tahapannya akan berlangsung pada Juni mendatang. Untuk bakal calonnya, satu desa minimal dua orang, dan maksimalnya lima orang.

Jika di satu desa itu, bakal calonnya lebih dari lima orang, maka pihaknya akan menggandeng akademisi untuk menyeleksi bakal calon tersebut.

"Kita akan melibatkan perguruan tinggi, untuk menyeleksi bakal calon, jika dalam satu desa pendaftarnya lebih dari lima orang," jelasnya. (K60)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Asep Mulyana
Editor : Ajijah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper