Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Purwakarta Alokasikan Rp20,4 Miliar untuk Pilkades Serentak

Kabupaten Purwakarta akan menggelar pemilihan kepala desa (pilkades) serentak pada 25 Agustus mendatang.
Asep Mulyana
Asep Mulyana - Bisnis.com 09 April 2021  |  12:42 WIB
Ilustrasi - Bisnis
Ilustrasi - Bisnis

Bisnis.com, PURWAKARTA - Kabupaten Purwakarta akan menggelar pemilihan kepala desa (pilkades) serentak pada 25 Agustus mendatang. Dari 183 desa yang ada, 170 di antaranya menggelar Pilkades.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Purwakarta Jaya Pranolo mengatakan proses pilkades saat ini sudah memasuki tahapan inventarisasi data pemilih sementara (DPS). Adapun inventarisasi DPS ini, merujuk pada data Pilpres 2019.

"Alhamdulillah, saat ini sudah memasuki tahapan inventarisasi DPS," ujar Jaya, Jumat (9/4/2021).

Jaya menyebutkan, anggaran pilkades serentak ini sebesar Rp20,4 miliar. Rinciannya, Rp18,4 miliar bersumber dari APBD sementara sisanya Rp2 miliar lagi dari dana desa. Adapun, anggaran dana desa itu, khusus membiayai kepentingan protokol kesehatan.

Mengingat, sampai saat ini pandemi Covid-19 masih berlangsung. Dengan begitu, saat pelaksanaan pilkades nantinya, tetap harus menjaga protokol kesehatan. Yakni, adanya pengecekan suhu tubuh, memakai masker, mencuci tangan dan lain sebagainya.

"Jadi, protokol kesehataan saat hari H ini, standarnya sama di 170 desa tersebut," ujar Jaya.

Terkait dengan pendaftaran bakal calon, Jaya menyebutkan, tahapannya akan berlangsung pada Juni mendatang. Untuk bakal calonnya, satu desa minimal dua orang, dan maksimalnya lima orang.

Jika di satu desa itu, bakal calonnya lebih dari lima orang, maka pihaknya akan menggandeng akademisi untuk menyeleksi bakal calon tersebut.

"Kita akan melibatkan perguruan tinggi, untuk menyeleksi bakal calon, jika dalam satu desa pendaftarnya lebih dari lima orang," jelasnya. (K60)


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

purwakarta
Editor : Ajijah

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top