Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pekan Kerajinan dan Karya Kreatif Jawa Barat Digelar 2-4 April

Berdasarkan data Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jabar, sekitar 37.119 UMKM terdampak pandemi, 14.991 di antaranya merupakan pelaku ekonomi kreatif.
Ilustrasi/Bisnis
Ilustrasi/Bisnis

Bisnis.com, BANDUNG — Wakil Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Jawa Barat Lina Marlina Ruzhan membuka Acara Pekan Kerajinan Jawa Barat (PKJB) dan Karya Kreatif Jawa Barat (KKJB) 2021 di Trans Studio Mall, Kota Bandung, Jumat (2/4/2021).

Lina mengatakan bahwa dua event tersebut bertujuan untuk membangkitkan pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Jabar yang sempat terpuruk akibat pandemi Covid-19.

Berdasarkan data Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jabar, sekitar 37.119 UMKM terdampak pandemi, 14.991 di antaranya merupakan pelaku ekonomi kreatif. Ada UMKM yang berhenti produksi maupun gulung tikar.

"Ini dalam rangka mendukung Gernas (Gerakan Nasional) Bangga Buatan Indonesia. Berkat sinergi dan kolaborasi bersama antara Kementerian Koperasi dan UKM, Pemda Provinsi Jabar, Dekranasda Jabar, Bank Indonesia serta seluruh stakeholder di Jabar," kata Lina.

Gelaran acara PKJB dan KKJB 2021 akan dilaksanakan pada 2 hingga 4 April 2021. Event tersebut akan mengusung tema “Sinergi Mengembangkan Kreatifitas Menuju UKM Jabar Teratas” dengan tagline #UKMJabarPaten.

Dalam rangkaian acara, akan ditampilkan berbagai produk kriya, kain, kuliner, kopi dan industri kreatif mitra Bank Indonesia di Jabar dan Dekranasda Jabar.

Selain itu, akan ditampilkan pula pemutaran video pariwisata, tarian, fashion show, talkshow akses pembiayaan dan business matching, serta berbagai penampilan hiburan menarik lainnya untuk mempromosikan UMKM dan pariwisata di Jawa Barat secara nasional.

Lina berharap PKJB dan KKJB, dalam rangka mendukung Gernas BBI dan Bangga Berwisata di Indonesia (BWI), dapat membangkitkan UMKM dan pelaku ekonomi kreatif sekaligus mendorong pemulihan ekonomi di Jabar.

"Pelaksanaan sinergi Karya Kreatif Jawa barat sebagai dukungan terhadap Gernas BBI dan BWI Jawa Barat untuk menciptakan New UMKM Jawa Barat sebagai kekuatan ekonomi nasional," tuturnya.

"Mudah-mudahan dengan kegiatan ini dapat menjadi momentum kebangkitan ekonomi dan juga pariwisata khususnya di Jawa Barat, terutama mendukung promosi dan pemasaran secara virtual sehingga mampu memberikan kontribusi optimal terhadap perekonomian, tidak hanya Jawa Barat, tapi juga Nasional," imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper