Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kota Hujan Bogor Jajaki Peluang Ekspor Ke Panama

Sejumlah produk yang didorong a.l. olahan karet, produk olahan dari kayu, kopi, lada dan lainnya.
Thomas Mola
Thomas Mola - Bisnis.com 19 Maret 2021  |  11:37 WIB
Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto di Kota Bogor, Jawa Barat, Kamis (4/2/2021). - Antara\r\n
Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto di Kota Bogor, Jawa Barat, Kamis (4/2/2021). - Antara\\r\\n

Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah Kota Bogor menjajaki peluang untuk ekspor ke kawasan Amerika Tengah. Sejumlah produk yang didorong a.l. olahan karet, produk olahan dari kayu, kopi, lada dan lainnya.

Walikota Bogor, Bima Arya mengatakan, pada 2020 kinerja ekspor Bogor turun 25,86 persen karena perekonomian dunia dan Bogor terdampak Pandemi Covid-19. Melalui kerja sama dengan KBRI Panama City, diharapkan membuka peluang baru ekspor.

“Melalui kerja sama dengan KBRI, diharapkan peluang ekspor produk Indonesia dari Bogor serta peluang kerja sama lainnya dapat ditingkatkan," ujarnya dalam keterangan resmi, Jumat (19/3/2021).

Bima Arya menuturkan hal itu setelah menjadi narasumber pada seminar daring berjudul “Peluang Ekspor-Impor, Industri Pariwisata dan Investasi Indonesia–Panama, Honduras, Kosta Rika, dan Nikaragua." Seminar itu diselenggarakan oleh KBRI Panama City bekerja sama dengan Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Bogor.

Duta Besar RI untuk Panama, Sukmo Harsono mengatakan untuk meningkatkan hubungan bisnis dengan pengusaha dari 4 negara akreditasi KBRI Panama, komunikasi yang intens dan hubungan personal sangat penting. Selain itu, pendekatan budaya juga perlu dilakukan sebagai upaya memasarkan produk baik barang maupun jasa seperti pariwisata misalnya.

Dia menjelaskan Panama, Kosta Rika, Honduras, dan Nikaragua merupakan negara yang secara umum memiliki iklim tropis, atau hampir sama dengan Indonesia. Dengan kata lain, produk pertanian yang dihasilkan rata-rata memiliki kesamaan dengan Indonesia.

“Hal ini merupakan tantangan sekaligus peluang bagi Indonesia untuk mengembangkan berbagai kerja sama misalnya dalam bidang pertanian, pariwisata, industri, kesehatan, pengembangan fasilitas logistik, serta kerjasama bidang pendidikan khususnya pengembangan teknologi," katanya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

ekspor bogor panama
Editor : Hadijah Alaydrus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top