Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ngatiyana: ASN Harus Jadi Panutan Penyampaian SPT Tahunan

Pelaksana Tugas (Plt.) Wali Kota Cimahi Ngatiyana telah melaporkan SPT Tahunannya melalui e-filing, Rabu (10/3/2021).
Pelaksana Tugas (Plt.) Wali Kota Cimahi Ngatiyana (kiri) menunjukkan Bukti Penerimaan Elektronik (BPE) atas pelaporan SPT Tahunannya ditemani Kepala KPP Pratama Cimahi Joni Isparianto
Pelaksana Tugas (Plt.) Wali Kota Cimahi Ngatiyana (kiri) menunjukkan Bukti Penerimaan Elektronik (BPE) atas pelaporan SPT Tahunannya ditemani Kepala KPP Pratama Cimahi Joni Isparianto

Bisnis.com, BANDUNG - Pelaksana Tugas (Plt.) Wali Kota Cimahi Ngatiyana telah melaporkan SPT Tahunannya melalui e-filing, Rabu (10/3/2021).

Ngatiyana menunjukkan Bukti Penerimaan Elektronik (BPE) atas pelaporan SPT Tahunannya. Dalam kesempatan tersebut, Ngatiyana menyampaikan bahwa pajak memiliki peranan yang sangat penting, terlebih pada masa pandemi ini.

Oleh karenanya, ia mengimbau kepada seluruh jajaran ASN di lingkungan Pemkot Cimahi dan juga masyarakat Cimahi, agar dapat turut serta dalam menjalankan kewajibannya di bidang perpajakan, khususnya yang berkaitan dengan kewajiban pembayaran dan pelaporan SPT Tahunan.

Menurutnya, sebagai warga Negara yang baik, sudah seharusnya ikut andil dalam perbaikan kondisi sekarang.

"Saya mengimbau kepada seluruh warga Kota Cimahi yang sudah memiliki NPWP untuk segera melaporkan SPT Tahunan sebagai salah satu bentuk kontribusi terhadap Negara,” ujarnya.

Dikatakan Ngatiyana, kepatuhan mendaftarkan diri, membayar pajak, dan melaporkan SPT, merupakan cerminan dari sikap warga negara Indonesia yang baik, taat, dan bersama-sama membangun bangsa ini menuju Indonesia yang lebih maju.

Untuk itulah, Ngatiyana mengajak seluruh warga masyarakat Cimahi agar segera menyerahkan laporan pajak tahunannya sebelum jatuh tempo berakhir.

“Khusus untuk wajib pajak orang pribadi batas akhirnya tanggal 31 Maret 2021, namun semakin awal kita lakukan, akan semakin nyaman. Apalagi dengan adanya e-filing, kita bisa lapor pajak dengan mudah, di mana saja, dan kapan saja,” imbuh Ngatiyana.

Ia pun berharap sinergi dengan para stakeholders terkait dapat terus terjalin untuk bersama-sama membangun Cimahi. "Bentuk sinergi ini salah satunya dengan meningkatkan kepatuhan dan penerimaan pajak," ungkapnya.

Sejalan dengan itu, pihaknya akan terus mendorong seluruh ASN di Kota Cimahi agar menjadi panutan dalam pemenuhan kewajiban pelaporan SPT tahunan.

“Saya sudah lapor SPT Tahunan, Anda sudah belum? Lapor sekarang, jangan mager! Pakai e-filing, bageur pisan euy!” Imbuh Ngatiyana.

Sementara itu, Kepala KPP Pratama Cimahi Joni Isparianto menambahkan negara hadir dalam penanganan Covid-19 dan pemulihan ekonomi nasional. Berbagai insentif usaha, termasuk insentif pajak, subsidi telah digelontorkan.

“Anggaran pemulihan dampak pandemi pada tahun 2020 sebesar Rp641,7 triliun dan dilanjutkan pada tahun 2021 sebesar Rp356 triliun. Sedangkan Belanja Transfer ke Daerah dan Dana Desa naik sekitar Rp33 triliun dari Rp793,9 triliun menjadi Rp795,5 triliun. Ini menunjukkan keberpihakan pemerintah pusat kepada daerah,” jelasnya.

Joni mengapresiasi atas sinergi yang terjalin dengan Pemerintah Kota Cimahi. “Terima kasih atas sinergi yang terjalin selama ini, mulai kegiatan rekonsiliasi pajak pusat, kerja sama penghimpunan data terkait perpajakan, sampai dengan kegiatan hari ini yaitu pekan panutan penyampaian SPT Tahunan,” pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Ajijah
Editor : Ajijah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper