Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Jelajah Metropolitan Rebana: Kawasan Megatama Tunjang Geliat Patimban

Pemerintah Kabupaten Purwakata menyiapkan sejumlah kawasan yang akan menunjang geliat Kawasan Metropolitan Rebana.
Dea Andriyawan
Dea Andriyawan - Bisnis.com 05 Maret 2021  |  16:52 WIB
Foto udara proyek pembangunan Pelabuhan Patimban, Kabupaten Subang, Jawa Barat, Rabu (18/11/2020).  - ANTARA
Foto udara proyek pembangunan Pelabuhan Patimban, Kabupaten Subang, Jawa Barat, Rabu (18/11/2020). - ANTARA

Bisnis.com, PURWAKARTA - Pemerintah Kabupaten Purwakata menyiapkan sejumlah kawasan yang akan menunjang geliat Kawasan Metropolitan Rebana.

Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika mengatakan pihaknya telah menyiapkan satu kawasan industri yakni Kawasan Megatama yang akan menunjang geliat Metropolitan Rebana utamanya Pelabuhan Patimban.

Dia mengatakan, Kawasan Megatama memang sengaja dipersiapkan untuk menunjang program Pemerintah Provinsi Jawa Barat untuk mengakselerasi pertumbuhan ekonomi melalui industri di utara Jawa Barat.

"Satu yang sedang di garap mudah-mudahan tahun ini selesai untuk menunjang Patimban, yakni kawasan Megatama" kata Bupati Anne kepada Bisnis beberapa waktu lalu.

Menurut Anne, selain kawasan Megatama pihaknya sudah menyiapkan tujuh kawasan industri yang akan dibentuk di tujuh kecamatan. Yakni di Kecamatan Bungusrsari, Cibatu Purwakarta Kota, Campaka, Jatiluhur, Cibatu, Babakan Cikao dan Sukatani.

"Kita akan mudahkan administratisi dengan adanya mall pelayanan publik, agar perizinan mudah transparan dan tidak berbelit-belit," kata dia.

Menurutnya letak Kabupaten Purwakarta memang strategis. Pasalnya letaknya berbatasan dengan Ibu Kota DKI Jakarta dan Ibu Kota Provinsi Jawa Barat, Kota Bandung.

"Kita juga diuntungkan dengan akses mudah untuk kawasan industri, makanya hari ini di Purwakarta terbentuk 7 zona industri dan dua kawasan yang sudah ada yakni Kota Bukit Indah dan PT MOS," katanya.

Bisnis Indonesia kembali menghadirkan tim Jelajah Metropolitan Rebana yang akan mengupas peluang dan tantangan investasi di wilayah Sumedang, Majalengka, Subang, dan Purwakarta.

Program berkala ini disponsori oleh PT Pos Indonesia (Persero), Astra Isuzu, Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Diskominfo Jabar, PT Migas Hulu Jabar, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PMPTSP) Jabar, PT Bandarudara Internasional Jawa Barat (BIJB), Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Jabar, JNE, dan eFishery. (k34)


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Metropolitan Rebana
Editor : Ajijah

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top