Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ada Corona Varian Baru, Satgas Covid-19 Karawang Gerak Cepat Lakukan Tracing dan Testing

Satuan Tugas (Satgas) Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Karawang bergerak cepat melacak informasi terkait temuan virus corona baru B117 UK yang menyerang dua Pekerja Migran Indonesia (PMI) asal wilayah ini.
Mutan Virus corona B.1.1.7
Mutan Virus corona B.1.1.7

Bisnis.com, KARAWANG – Satuan Tugas (Satgas) Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Karawang bergerak cepat melacak informasi terkait temuan virus corona baru B117 UK yang menyerang dua Pekerja Migran Indonesia (PMI) asal wilayah ini.

Juru Bicara Satuan Tugas (Jubir Satgas) Covid-19 Kabupaten Karawang Fitra Hergyana menuturkan, berdasarkan hasil laporan pemeriksaan tim medis dari Kementerian Kesehatan terhadap sampel swab dan uji whole genome sequencing-nya, diketahui dua PMI ini dinyatakan terpapar corona varian baru asal Inggris.

“Setelah kemarin menerima kabar temuan kasus Covid-19 B117 di wilayah Karawang. Tim Dinkes Karawang, Dinkes Jabar dan Kemenkes sudah melakukan tracing dan testing kepada keluarga yang bersangkutan,” ujar Fitra dalam rilis resmi Diskominfo Karawang, Kamis (4/3/2021).

Fitra mengatakan, Satgas Covid Karawang telah berkomunikasi dengan Menteri Kesehatan Budi Sadikin, Dinkes jawa barat, dan Ketua Satgas Karawang, Bupati Cellica. Sesuai arahan, terkait temuan tersebut harus secepatnya dilakukan tracking dan testing.

“Atas dasar itu, tim dari Dinkes Karawang, Dinkes Provinsi Jabar, dan Balitbang Kemenkes langsung bergerak cepat, untuk sampel langsung dilaksanakan Whole Genom Sequencing di Kemenkes,” terangnya.

Fitra menjelaskan, terkait penemuan varian baru virus corona yang menyerang dua PMI ini, bermula saat dua PMI dengan inisial M dan A tiba di Bandara Soekarno Hatta setelah melakukan perjalanan luar negeri. Sesaat setelah pemeriksaan kesehatan sesuai protokol kesehatan di masa pandemic di bandara, mereka dinyatakan positif terpapar virus.

Hak itu diketahui, setelah keduanya menjalani tindakan tes swab PCR. Kemudian terpaksa dilakukan isolasi bagi keduanya di Jakarta. Setelah menjalani isolasi, hasil tes Swab mereka negatif dan sudah diizinkan pulang ke Karawang. Jadi keduanya pulang ke Karawang dengan hasil negative.

“Meski hasil terakhirnya negative, tracing dan testing. Apalagi, ini virus corona varian baru,” jelas dia.

Dibagian lain, Fitra menjelaskan, di awal Maret ini status Karawang masih berada di zona oranye. Ia berharap agar masyarakat tetap patuh dan waspada akan penyebaran virus corona. Yakni, tetap melakukan 5M untuk setiap aktivitas.

“Tingkat kesembuhan di Karawang cukup baik. 94,16 persen. Kami ucapkan terima kasih bagi para tenaga kesehatan, terima kasih kepada TNI/Polri dan semua pihak yang berperan penting dalam penanganan Covid-19,” tambah dia. (K60)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Asep Mulyana
Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper