Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

IKEA Kota Baru Parahyangan Dibuka April, Ini Penampakan Bagian Dalamnya

Peritel asal Swedia, IKEA, segera membuka flagship store ketiganya di Indonesia yang berlokasi di Kota Baru Parahyangan pada April 2021.
Ajijah
Ajijah - Bisnis.com 24 Februari 2021  |  21:38 WIB
(Kiri-kanan) President Director PT Rumah Mebel Nusantara (IKEA Indonesia) Patrik Lindvall, Duta Besar Swedia untuk Indonesia HE Marina Berg, dan Sekretaris Daerah Jawa Barat Setiawan Wangsaatmaja saat berbicara di hadapan sejumlah media di Kabupaten Bandung Barat, Rabu (24/2/2021) - Bisnis/Ajijah
(Kiri-kanan) President Director PT Rumah Mebel Nusantara (IKEA Indonesia) Patrik Lindvall, Duta Besar Swedia untuk Indonesia HE Marina Berg, dan Sekretaris Daerah Jawa Barat Setiawan Wangsaatmaja saat berbicara di hadapan sejumlah media di Kabupaten Bandung Barat, Rabu (24/2/2021) - Bisnis/Ajijah

Bisnis.com, BANDUNG - Peritel asal Swedia, IKEA, segera membuka flagship store ketiganya di Indonesia yang berlokasi di Kota Baru Parahyangan pada April 2021.

Saat ini, pembangunan maupun penataan IKEA Kota Baru Parahyangan sudah hampir selesai. Bangunannya sendiri menempati lahan seluas 4,4 hektare di Jalan Parahyangan Kav. 9, Padalarang, Kabupaten Bandung Barat. Hadir dengan warna khasnya, IKEA Kota Baru Parahyangan ini memiliki dua lantai dengan fasilitas komplit yang membuat nyaman pengunjungnya.

IKEA Kota Baru Parahyangan“Kami sangat senang dapat segera menyapa masyarakat Bandung dan sekitarnya di toko IKEA Kota Baru Parahyangan. IKEA ingin menjadi bagian dari Bandung Barat dengan menciptakan kehidupan sehari-hari yang lebih baik bagi banyak orang di wilayah ini,” ucap President Director PT Rumah Mebel Nusantara (IKEA Indonesia) Patrik Lindvall dalam acara private tour store bersama sejumlah media, Rabu (24/2/2021).

Sementara itu, Sekretaris Daerah Jawa Barat Setiawan Wangsaatmaja mengapresiasi hadirnya IKEA di Kabupaten Bandung Barat karena perusahaan tersebut mampu memberdayakan masyarakat lokal baik dalam hal penyerapan tenaga kerja, maupun dalam hal memfasilitasi sektor UMKM.

"Banyak yang menarik dari IKEA, kenapa? Karena mereka memberikan efek positif bagi lingkungan seperti contohnya penggunaan teknologi dan energi listrik yang hemat," ujar Setiawan.

Salah satu produk UMKM lokal Jabar yang ikut dijual di IKEASekda menyebutkan, perusahaan asal Swedia itu telah berinvestasi sebesar Rp1,4 triliun di Jabar dengan menyerap 300 tenaga kerja lokal untuk bekerja di sekitar wilayah Toko IKEA.

"Tentunya di masa pandemi seperti ini, kehadiran IKEA sebuah investasi luar biasa," ujar dia.

Tak hanya itu, IKEA juga dinilai berkontribusi menggerakkan perekonomian Jabar. Jabar sempat terpuruk -5,98 persen pada medio 2020, namun memasuki triwulan keempat membaik di -2,2 persen.

"Dibandingkan dengan provinsi tetangga Jabar pertumbuhan ekonomi di Jabar positif dan diharapkan masuk 2021 ini lebih baik lagi", ujar dia.

IKEA Kota Baru ParahyanganDuta Besar Swedia untuk Indonesia HE Marina Berg menambahkan bahwa IKEA Kota Baru Parahyangan merupakan salah satu upaya IKEA untuk lebih mempererat hubungan antara Swedia dengan Indonesia, khususnya Jabar.

“Bersama Pemerintah Provinsi Jabar, kami selalu bercita-cita untuk menciptakan peluang baru bagi masyarakat sekitar, serta UMKM. Kami yakin kemitraan ini merupakan kontribusi Swedia untuk mendorong pertumbuhan ekonomi di Bandung dan Jawa Barat,” jelasnya.

Di tempat yang sama, Ketua Dekranasda Jawa Barat Atalia Praratya Kamil mengatakan produk-produk UMKM yang akan masuk ke IKEA Kota Baru Parahyangan akan melewati proses kurasi.

Produk UMKM yang dijual di IKEA Kota Baru Parahyangan"Saya juga sudah mendengar bahwa dari wilayah Purwakarta dan Karawang itu ternyata sudah banyak sekali produk yang masuk, ada boneka, kursi, dan hiasan-hiasan," katanya.

Dengan demikian, pihaknya mendorong pelaku usaha lain untuk menciptakan produk yang bisa dipasarkan ke toko lalu akan mereka serahkan ke IKEA untuk dikurasi.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

ikea
Editor : Ajijah

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top