Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jelajah Metropolitan Rebana: Yuk, Nikmati Tiga Wisata Sekaligus di Situ Wanayasa

Kabupaten Purwakarta sejak beberapa tahun terakhir mulai menjadi perbincangan para pelancong. Hal ini tak lepas dari keberadaan sejumlah destinasi wisata yang beragam di wilayah ini.
Situ Wanayasa, Kabupaten Purwakarta/Istimewa
Situ Wanayasa, Kabupaten Purwakarta/Istimewa

Bisnis.com, PURWAKARTA – Kabupaten Purwakarta sejak beberapa tahun terakhir mulai menjadi perbincangan para pelancong. Hal ini tak lepas dari keberadaan sejumlah destinasi wisata yang beragam di wilayah ini.

Meski saat ini banyak bermunculan wisata baru, pamor Situ Wanayasa masih cukup dipertaruhkan. Apalagi, di kawasan wisata ini pengunjung bisa menikmati tiga wisata sekaligus. Lokasi wisata alam ini terletak di dataran tinggi kabupaten yang terkenal dengan kuliner sate marangginya.

Mungkin tak banyak yang tahu, jika ternyata di kawasan konservasi serta kawasan hijau itu menyimpan banyak keindahan. Lokasi wisata alam ini berada persis di sisi jalan provinsi yang menjadi penghubung antara Purwakarta dengan Subang via Jalan Cagak. Letaknya, sekitar 24 km sebelah tenggara Kota Purwakarta.

Tak heran, di setiap akhir pekan atau musim liburan tiba tempat tersebut bak oase digurun pasir. Apalagi, keberadaan kawasan ini terletak di kaki Gunung Burangrang, dengan luas sekitar 7 hektare yang berada pada ketinggian 600 mdpl. Sehingga, udara di sekitar situ ini sangatlah sejuk dengan semilir angin pegunungan.

Kepala Bidang Pariwisata Disporaparbud Kabupaten Purwakarta Acep Yulimulya menuturkan selama ini Situ Wanayasa sebenarnya tak hanya sebatas menyuguhkan keindahan panorama alamnya saja. Melainkan, ada beberapa jenis wisata lain yang bisa dinikmati oleh pengunjung kala datang ke kawasan ini. Yakni, wisata kuliner dan religi.

“Di Situ Wanayasa, pengunjung bisa menikmati tiga wisata sekaligus,” ujar Acep kepada Bisnis.com, Rabu (24/2/2021).

Untuk wisata kuliner, Acep menjelaskan, para pelancong bisa melihat di tepian situ tersebut. Hal mana, banyak terdapat beragam penganan yang disuguhkan para pedagang kaki lima. Namun, dari berbagai suguhan itu yang paling dominan adalah Sate Maranggi atau kuliner yang menjadi ciri khas kabupaten ini.

Di akhir tahun kemarin, pihaknya pun telah melakukan penataan warung-warung para pedagang yang ada di sejumlah destinasi wisata. Salah satunya, di kawasan wisata Situ Wanayasa ini. Tujuannya, tak lain sebagai bagian dari upaya mempercantik kawasan tersebut. Selain itu, pihaknya pun menambah fasilitas lain berupa lokasi untuk swafoto.

“Kalau lapak pedagannya dibuat lebih menarik, dipastikan bakal menambah daya tarik untuk pembeli. Jadi, kami bantu penataannya supa warung-warung di sekitar lokasi wisata ini tidak kumuh. Apalagi, kebanyakan mereka menjajakan kuliner khas Purwakarta,” katanya.

Selain wisata kuliner, ada yang lebih menarik di lokasi wisata ini, yakni keberadaan sebuah pulau kecil atau biasa disebut oleh masyarakat sekitar dengan nama Pasir Mantri. Keberadaan pulau yang letaknya persis di tengah-tengah telaga itu, mempunyai daya tarik tersendiri karena keasriannya.

Tak heran, selama ini lokasi tersebut kerap menjadi tujuan wisata para pelancong dari dalam maupun luar kota. Kedatangan para wisatawan ini, hanya sekedar ingin menikmati suasana pulau yang sejuk. Apalagi, di lokasi ini dipenuhi pohon-pohon sejenis pinus yang menjulang tinggi.

Tepat di pulau tersebut, terdapat puluhan makan leluhur dan para ulama besar Purwakarta pada zaman dulu. Tak heran, selama ini pulau kecil di tengah Situ Wanayasa itu pun tak pernah sepi dari peziarah. Bahkan, kebanyak dari mereka datang dari luar kota, semisal dari Bangka Belitung, Madura, serta Banten untuk sekedar berziarah.

Mau mencoba tiga wisata sekaligus, datanglah ke Situ Wanayasa‎‎. Karena, di lokasi ini suguhannya lengkap bagi para pelancong. Jadi, pengunjung bisa menikmati tiga jenis wisata sekaligus, antara lain Wisata Alam, Kuliner dan Ziarah dapat langsung dinikmati.

Bisnis Indonesia kembali menghadirkan tim Jelajah Metropolitan Rebana yang akan mengupas peluang dan tantangan investasi di wilayah Sumedang, Majalengka, Subang, dan Purwakarta. Program berkala ini disponsori oleh PT Pos Indonesia (Persero), Astra Isuzu, Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Diskominfo Jabar, PT Migas Hulu Jabar, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PMPTSP) Jabar, PT Bandarudara Internasional Jawa Barat (BIJB), Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Jabar, JNE, dan eFishery. (K60)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Asep Mulyana
Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper