Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemkab Cirebon Belum Usulkan Jumlah Formasi CPNS

Pemerintah Kabupaten Cirebon belum mengusulkan jumlah tenaga untuk formasi calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2021 meskipun pemerintah bakal menggelar seleksi pada tahun ini.
Ilustrasi/Antara
Ilustrasi/Antara

Bisnis.com, CIREBON - Pemerintah Kabupaten Cirebon belum mengusulkan jumlah tenaga untuk formasi calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2021 meskipun pemerintah bakal menggelar seleksi pada tahun ini.

Kepala Badan Kepegawaian Pemberdayaan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Cirebon Iis Krisnandar mengatakan keputusan usulan formasi akan keluar pada Maret 2021 sesuai instruksi pemerintah pusat.

"Jumlah ditentukan oleh BKN (Badan Kepegawaian Negara (BKN), yang menghitung dari sana," kata Iis di Kabupaten Cirebon, Rabu (17/2/2021).

Iis mengatakan, pada 2021 ini ada 700 lebih ada pegawai negeri sipil (PNS) yang memasuki masa pensiun, termasuk delapan pegawai berstatus eselon dua.

"Setiap tahunnya memang kami butuh pegawai baru," katanya.

Pemerintah bakal kembali membuka pendaftaran CPNS pada 2021 setelah sempat terhenti pada 2020, lantaran adanya pandemi Covid-19.

Hal tersebut disampaikan oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN RB) Tjahjo Kumolo, beberapa waktu lalu (18/1/2021) di Jakarta.

Pada 2021 ini, kebutuhan CPNS sebanyak 1,3 juta. Dari jumlah tersebut, 1 juta untuk guru Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) program Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Kemudian, untuk pemerintah daerah di luar guru sebanyak 189.000, terdiri dari 70 ribu PPPK jabatan fungsional dan 119 ribu CPNS berbagai jabatan teknis.

Sedangkan untuk pemerintah pusat, kebutuhannya sebanyak 83 ribu dengan persentase 50 persen PPPK dan 50 persen CPNS. (K45)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Hakim Baihaqi
Editor : Ajijah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper