Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pembuatan Jalan Sementara di Tol Cipali KM 122 Masuki Tahap Konstruksi

Pembuatan jalan sementara di Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) KM 122, Kabupaten Subang, Jawa Barat, memasuki tahap pengerjaan konstruksi setelah sebelumnya di kilometer 122 mengalami kerusakan akibat diguyur hujan intensitas tinggi.
Hakim Baihaqi
Hakim Baihaqi - Bisnis.com 16 Februari 2021  |  15:58 WIB
Pembuatan jalan sementara di Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) KM 122 - Istimewa
Pembuatan jalan sementara di Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) KM 122 - Istimewa

Bisnis.com, CIREBON - Pembuatan jalan sementara di Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) KM 122, Kabupaten Subang, Jawa Barat, memasuki tahap pengerjaan konstruksi setelah sebelumnya di kilometer 122 mengalami kerusakan akibat diguyur hujan intensitas tinggi.

Direktur Operasi Astra Tol Cipali Agung Prasetyo mengatakan progres pembuatan jalan sementara itu melewati tiga tahap, yaitu design, shortcut, dan detour. Menurut Agung pengerjaan konstruksi adalah tahapan terakhir.

Tahapan pengerjaan konstruksi yang dilakukan, kata Agung, berupa perapihan timbunan tanah dengan excavator dan dilanjutkan dengan pengurugan.

"Pekerjaan konstruksi untuk pembuatan jalan sementara sepanjang 200 meter," kata Agung melalui keterangan tertulis, Selasa (16/2/2021).

Rencana pengalihan arus dengan menggunakan median jalan ini, diperkirakan oleh pihak Astra Tol Cipali akan beroperasi mulai pekan depan.

Agung mengatakan, jalan sementara yang saat ini tengah dibuat pun nantinya berfungsi untuk menghentikan sistem contraflow (lawan arus), sehingga tidak ada lagi kepadatan kendaraan.

Curah hujan yang masih tinggi hingga akhir Februari, Astra Tol Cipali mengimbau pengguna jalan untuk selalu berhati-hati saat melintasi jalur tersebut.

"Berkendaralah dengan minimal batas kecepatan 60 kilometer per jam dan pada kondisi hujan maksimal batas kecepatan 70 kilometer per jam," katanya.

Sebelumnya, badan jalan Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) di KM 122, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, mengalami amblas akibat diguyur hujan intensitas tinggi sejak Sabtu (6/2/2021).

Kerusakan akibat diguyur hujan itu, terjadi di Cirebon menuju Jakarta. Amblesnya jalan tersebut pun memiliki ke dalaman bervariasi hingga 40 sentimeter dan keretakan lebih dari lima meter. (K45)


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jalan tol cipali
Editor : Ajijah
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top