Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pembuatan Jalan Sementara di Tol Cipali KM 122 Masuki Tahap Konstruksi

Pembuatan jalan sementara di Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) KM 122, Kabupaten Subang, Jawa Barat, memasuki tahap pengerjaan konstruksi setelah sebelumnya di kilometer 122 mengalami kerusakan akibat diguyur hujan intensitas tinggi.
Pembuatan jalan sementara di Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) KM 122/Istimewa
Pembuatan jalan sementara di Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) KM 122/Istimewa

Bisnis.com, CIREBON - Pembuatan jalan sementara di Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) KM 122, Kabupaten Subang, Jawa Barat, memasuki tahap pengerjaan konstruksi setelah sebelumnya di kilometer 122 mengalami kerusakan akibat diguyur hujan intensitas tinggi.

Direktur Operasi Astra Tol Cipali Agung Prasetyo mengatakan progres pembuatan jalan sementara itu melewati tiga tahap, yaitu design, shortcut, dan detour. Menurut Agung pengerjaan konstruksi adalah tahapan terakhir.

Tahapan pengerjaan konstruksi yang dilakukan, kata Agung, berupa perapihan timbunan tanah dengan excavator dan dilanjutkan dengan pengurugan.

"Pekerjaan konstruksi untuk pembuatan jalan sementara sepanjang 200 meter," kata Agung melalui keterangan tertulis, Selasa (16/2/2021).

Rencana pengalihan arus dengan menggunakan median jalan ini, diperkirakan oleh pihak Astra Tol Cipali akan beroperasi mulai pekan depan.

Agung mengatakan, jalan sementara yang saat ini tengah dibuat pun nantinya berfungsi untuk menghentikan sistem contraflow (lawan arus), sehingga tidak ada lagi kepadatan kendaraan.

Curah hujan yang masih tinggi hingga akhir Februari, Astra Tol Cipali mengimbau pengguna jalan untuk selalu berhati-hati saat melintasi jalur tersebut.

"Berkendaralah dengan minimal batas kecepatan 60 kilometer per jam dan pada kondisi hujan maksimal batas kecepatan 70 kilometer per jam," katanya.

Sebelumnya, badan jalan Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) di KM 122, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, mengalami amblas akibat diguyur hujan intensitas tinggi sejak Sabtu (6/2/2021).

Kerusakan akibat diguyur hujan itu, terjadi di Cirebon menuju Jakarta. Amblesnya jalan tersebut pun memiliki ke dalaman bervariasi hingga 40 sentimeter dan keretakan lebih dari lima meter. (K45)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Hakim Baihaqi
Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper