Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Stasiun Banjar Kini Layani Rapid Test Antigen

Setelah Stasiun Bandung, Stasiun Kiaracondong dan Stasiun Tasikmalaya, terhitung mulai hari ini, Jumat (22/1/2021) pelayanan rapid test antigen dapat dinikmati oleh para pengguna jasa KA di stasiun Banjar.
Dea Andriyawan
Dea Andriyawan - Bisnis.com 22 Januari 2021  |  13:21 WIB
Tes antigen bertarif Rp105.000 dapat dilakukan di 29 stasiun kereta api.  - KAI
Tes antigen bertarif Rp105.000 dapat dilakukan di 29 stasiun kereta api. - KAI

Bisnis.com, BANDUNG - Setelah Stasiun Bandung, Stasiun Kiaracondong dan Stasiun Tasikmalaya, terhitung mulai hari ini, Jumat (22/1/2021) pelayanan rapid test antigen dapat dinikmati oleh para pengguna jasa KA di stasiun Banjar.

Penambahan layanan ini merupakan bentuk pelayanan tambahan yang dihadirkan oleh PT KAI kepada para pengguna jasa KA dalam memenuhi salah satu syarat bepergian menggunakan KA jarak jauh sesuai dengan Surat Edaran Menteri Perhubungan No 4 Th 2021 tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang dengan Transportasi Perkeretaapian dalam Masa Pandemi Covid-19.

Saat ini jadwal layanan rapid test antigen di wilayah Daop 2 Bandung meliputi :

1. Stasiun Bandung mulai pukul 08.00 WIB - 19.00 WIB
2. Stasiun Kiaracondong mulai pukul 08.00 WIB - 23.00 WIB
3. Stasiun Tasikmalaya mulai pukul 08.00 WIB - 17.00 WIB
4. Stasiun Banjar mulai dari pukul 08.00 WIB - 16.00 WIB.

Manager Humasda Daop 2 Bandung Kuswardoyo menuturkan, petugas yang disiapkan saat ini sebanyak satu orang petugas administrasi dan dua orang analis di Stasiun Bandung, sati orang administrasi dan dua orang analis di Stasiun Kiaracondong, satu orang administrasi dan dua orang analis di Stasiun Tasikmalaya, serta satu orang administrasi dan dua orang analis di Stasiun Banjar.

Ia juga menyampaikan penambahan lokasi layanan ini merupakan salah satu komitmen KAI Daop 2 untuk mendukung kebijakan pemerintah dalam rangka menerapkan Protokol Kesehatan yang ketat pada moda transportasi kereta api sesuai dengan Surat Edaran Menteri Perhubungan No 4 Th 2021 tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang dengan Transportasi Perkeretaapian dalam Masa Pandemi Covid-19.

"Sejak 22 Desember 2020 hingga saat ini, pengguna jasa KA Jarak Jauh di Pulau Jawa khususnya di wilayah Daop 2 Bandung diharuskan menunjukkan surat keterangan hasil Rapid Test Antigen negatif Covid-19 yang berlaku selambat-lambatnya 3 hari sebelum tanggal keberangkatan (H-3). Adapun syarat-syarat tersebut tidak diwajibkan untuk pelanggan KA Jarak Jauh dengan usia dibawah 12 Tahun," ujar Kuswardoyo, Jumat (22/1/2021).

Selain itu, ia juga mengingatkan seluruh pengguna jasa KA wajib untuk menerapkan dan mematuhi protokol Kesehatan yaitu memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak (3M) serta harus dalam kondisi sehat (tidak menderita flu, pilek, batuk, demam), memakai masker dan suhu badan tidak lebih dari 37,3 derajat Celsius. Selama dalam perjalanan, pengguna jasa KA jarak jauh diharuskan menggunakan Face Shield dan dihimbau menggunakan pakaian lengan panjang. (34)


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pt kai
Editor : Ajijah
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top