Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Libur Nataru, 11 Daerah di Jabar Jadi Favorit Wisatawan

Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Jawa Barat mencatat 11 daerah yang menjadi favorit wisatawan selama libur panjang Natal 2020.
Wisnu Wage Pamungkas
Wisnu Wage Pamungkas - Bisnis.com 27 Desember 2020  |  14:32 WIB
Objek wisata Panyaweuyan Kabupaten Majalengka - Bisnis/Wisnu Wage
Objek wisata Panyaweuyan Kabupaten Majalengka - Bisnis/Wisnu Wage

Bisnis.com, BANDUNG — Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Jawa Barat mencatat 11 daerah yang menjadi favorit wisatawan selama libur panjang Natal 2020.

Kepala Disparbud Jabar, Dedi Taufik mengungkapkan, tiga daerah teratas yang menjadi sasaran wisatawan adalah Kabupaten Bandung Barat dengan 14 titik destinasi wisata, Bogor dan Kabupaten Garut masing-masing 11 titik destinasi wisata.

Sukabumi dan Cirebon dengan 9 titik destinasi wisata, disusul Kabupaten Bandung dan Kabupaten Kuningan dengan 8 titik destinasi wisata, Cianjur dengan 6 titik destinasi wisata, Kabupaten Subang 4 destinasi wisata dan terakhir Kabupaten Ciamis.

Menurutnya ini berdasarkan data yang dihimpun pihaknya dimana KBB paling diminati karena banyak destinasi wisata alam. Sementara pantai di Kabupaten Pangandaran pun masuk dalam spot yang diminati wisatawan dengan 17 ribu orang yang datang per tanggal 24 Desember kemarin.

“Data terbaru masih dalam proses,” katanya Minggu (27/12/2020).

Ia menyebut semua destinasi tersebut diawasi dengan ketat. Semua protokol kesehatan diterapkan dengan disipilin. Tak hanya itu, fasilitas pendukung seperti hotel pun masuk dalam daftar pemantauan ketat.

Dedi pun meminta wisatawan dari dalam maupun luar daerah Jawa Barat yang ingin berlibur agar melengkapi diri dengan surat bebas Covid-19.

“Fasilitas Rapid tes antigen kami siapkan. Wisatawan dites secara acak. Ini juga sebagai antisipasi jika ada wisatawan yang terlanjur datang tapi tidak membawa surat lolos Covid-19,” ucap dia.

“Datanya masih kami himpun, tapi jika ada yang reaktif, penanganan sesuai prosedur sudah disiapkan. Seperti swab tes atau isolasi dan lain sebagainya,” ia melanjutkan.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandung Ahyani Raksanagara menyebut pengetesan di Kota Bandung dilakukan di tempat yang ditempati atau dilintasi wisatawan. Di antaranya hotel dan terminal.

Pada Sabtu kemarin, tiga hotel yang dijadikan titik pengetesan antara lain di Four Points yang terletak di Jalan Ir. H. Juanda, Aryaduta Hotel di Jalan Sumatera, dan Best Western La Grande Hotel di Jalan Merdeka. Tes rapid antigen ditargetkan menyasar 40 wisatawan.

Sementara, tes rapid antigen yang dilakukan di terminal telah memasuki hari ketiga. Ahyani mengaku masih mengumpulkan laporan terkait ada atau tidaknya wisatawan yang reaktif corona.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pemprov jabar Natal dan Tahun Baru
Editor : Ajijah
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top