Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Bisnis Indonesia Award: Lahirkan Rebana Metropolitan, Ridwan Kamil Raih Best Investment Policy Maker

Ajang Bisnis Indonesia Award (BIA) 2020 menjadi sejarah bagi Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.
Wisnu Wage Pamungkas
Wisnu Wage Pamungkas - Bisnis.com 14 Desember 2020  |  20:31 WIB
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meraih penghargaan di ajang Bisnis Indonesia Award 2020 kategori Best Investment Policy Maker yang digelar secara daring Senin (14/12 - 2020).
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meraih penghargaan di ajang Bisnis Indonesia Award 2020 kategori Best Investment Policy Maker yang digelar secara daring Senin (14/12 - 2020).

Bisnis.com, BANDUNG — Ajang Bisnis Indonesia Award (BIA) 2020 menjadi sejarah bagi Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil tercatat sebagai kepala daerah pertama yang meraih penghargaan di ajang bergengsi bagi korporasi tersebut dengan penghargaan khusus “Best Investment Policy Maker” yang digelar secara daring Senin (14/12/2020).

Ridwan Kamil mengaku bangga dengan gelar yang disematkan pada tokoh nasional yang memiliki konsentrasi dan keberpihakan kebijakan pada investasi. Rebana Metropolitan adalah salah satu kebijakan terobosan terkait investasi karena mampu membut lintas kewenangan antara Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan 7 kabupaten/kota seirama dalam menyambut investor.

Ridwan Kamil mengatakan kebijakan terkait investasi yang ia lahirkan dilandasi pemikiran bahwa seorang pemimpin harus berani mengambil keputusan agar melahirkan trust dari investor.

“Karena itu soal investasi saya turun langsung memberikan inovasi termasuk Metropolitan Rebana terbesar di Indonesia,” katanya.

Menurutnya ekonomi hanya akan tumbuh kalau investasi masuk, ekspor tinggi, daya beli naik dan pemerintah baik. “Nah saya meyakinkan bahwa Jawa Barat adalah tempat terbaik untuk investasi dengan alasan satu infrastruktur. Kedua sumber daya manusianya paling produktif se-Indonesia,” ujarnya.

Karena itu pemimpin yang turun tangan, memiliki politicall will, yang berusaha dia hadirkan sehingga Jawa Barat dalam tiga tahun terakhir selalu memimpin dalam realisasi investasi. “Saya juga kaget walaupun lagi Covid-19 tapi investasinya naik lebih dari tahun lalu,” ujarnya.

“Terima kasih Bisnis Indonesia, semoga ekonomi kita lekas pulih dan cepat selesai pandeminya. Hatur nuhun, salam dari Jawa Barat,” pungkasnya.

Ridwan Kamil bersama lebih dari seratus perusahaan tercatat menjadi nominee dalam ajang Bisnis Indonesia Award 2020. Para pemenang telah dinilai oleh Dewan Juri yang dipimpin oleh Prof. Roy Sembel.

Pada tahun ini, pemberian apresiasi dilakukan secara virtual, seiring dengan situasi pandemi yang melanda dunia, termasuk Indonesia. Berkaitan dengan pandemi, Bisnis Indonesia memilih "Resilience in Pandemic" sebagai tema dalam pemberian penghargaan tahun ini.

Tema ini ditetapkan untuk memberikan apresiasi kepada emiten yang mampu bertahan serta mencapai pertumbuhan sangat baik di era pandemi Covid-19 yang berdampak negatif terhadap perekonomian.

Bisnis Indonesia juga memberikan penghargaan kepada CEO perusahaan yang bisa menjalankan perusahaan tetap tangguh di tengah pandemi.

Presiden Komisaris PT Jurnalindo Aksara Grafika, penerbit harian Bisnis Indonesia, Hariyadi Sukamdani mengatakan bahwa bagi suatu perusahaan, tumbuh menjadi besar itu adalah penting.

Akan tetapi, di tengah kondisi pandemi Covid-19 jauh lebih penting untuk tetap solid dan resilience. Tujuannya menjaga pertumbuhan berkesinambungan.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

ridwan kamil
Editor : Ajijah

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top