Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

PILKADA SERENTAK: Jabar Wacanakan Rapid Test untuk Pemilih

Pemerintah Provinsi Jawa Barat berencana melakukan tes rapid kepada para pemilih di hari pencoblosan pemilihan kepala daerah (Pilkada) Serentak 9 Desember 2020.
Wisnu Wage Pamungkas
Wisnu Wage Pamungkas - Bisnis.com 30 November 2020  |  15:57 WIB
Ilustrasi - Bisnis
Ilustrasi - Bisnis

Bisnis.com, BANDUNG — Pemerintah Provinsi Jawa Barat berencana melakukan tes rapid kepada para pemilih di hari pencoblosan pemilihan kepala daerah (Pilkada) Serentak 9 Desember 2020.

Wakil Gubernur Jabar Uu Ruzhanul mengatakan rencana tersebut baru sebats masukan dari sejumlah pihak dalam rapat koordinasi penanganan Covid-19 Jawa Barat. Usulan pengetesan tersebut dijilai bisa meminimalisir penyebaran virus dari satu pemilih kepada pemilih lainnya.

"Jadi yang ke TPS ini ketika datang harus rapid dulu. Tapi memang tidak semuanya ikut tes," katanya di Bandung, Senin (30/11/2020).

Uu menegaskan jika rencana ini terealisasi yang melaksanakan tes rapid nantinya kemungkinan hanya pemilih dengan umur 40 tahun ke atas. Selama ini warga dengan rentang umur di atas 40 lebih mudah terpapar Covid-19."Kalau yang agak di bawah (40 tahun) itu agak tangguh (dari virus corona)," katanya.

Saat ini sudah ada tiga daerah di Jabar yang akan menggelar Pilkada tapi masuk dalam zona merah penyebaran Covid-19, yaitu Kabupaten Tasikmalaya, Kabupaten Bandung, dan Kabupaten Karawang. Selain tiga daerah ini, ada empat kabupaten/kota lain yang juga masuk dalam zona merah tapi tidak menggelar Pilkada Serentak.

Karena ditakutkan akan meningkatnya kasus serupa di daerah lain yang menggelar Pilkada, maka Pemprov Jabar akan mengkaji ulang agar bisa diselenggarakan tes rapid kepada pemilih. "Kita khawatir Pilkada ini bisa menjadi klaster baru," kata Uu.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Pilkada Serentak
Editor : Ajijah

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top