Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Cuan! BUMD MUJ Jadi Penyumbang Dividen Kedua Terbesar Setelah BJB

Menginjak usianya yang ke-6 tahun pada 25 November 2020, PT Migas Hulu Jabar (MUJ) dinilai sudah menunjukkan kinerja gemilang.
Peringatan hari jadi ke-6 tahun PT Migas Hulu Jabar (MUJ)
Peringatan hari jadi ke-6 tahun PT Migas Hulu Jabar (MUJ)

Bisnis.com, BANDUNG—Menginjak usianya yang ke-6 tahun pada 25 November 2020, PT Migas Hulu Jabar (MUJ) dinilai sudah menunjukkan kinerja gemilang. Sebagai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Jawa Barat, MUJ dinilai menjadi perseroan unggulan.

Bisa dilihat dari bisnis yang sedang dan akan dikembangkan, sampai dividen kepada Pemerintah Provinsi Jawa Barat sebanyak dua kali senilai Rp75,62 miliar pada tahun buku 2018 & 2019. Catatan positif ini kedua setelah BUMD Jabar lainnya Bank BJB.

“Saya ucapkan selamat ulang tahun yang ke-6. MUJ ini merupakan salah satu BUMD andalan di Jawa Barat,” kata Kepala Biro Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Provinsi Jawa Barat (Jabar), I Gusti Agung Kim Fajar Wiyati Oka dalam keterangan resmi perusahaan MUJ, Jumat ( 27/2020).

Pernyataan I Gusti Agung Kim Fajar merujuk dalam paparan kinerja perusahaan pada Pra Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Rencana Kerja & Anggaran Tahun 2021, yang digelar di Bandung, Rabu 25 November 2020 kemarin.

Menurut dia, gairah MUJ dari tahun ke tahun dalam menjalankan bisnis perusahaan di bidang energi dan kegiatan jasa penunjang energi lainnya terus menunjukan tren positif.

Dari tahun 2017 sebagai Perseroan pengelola Participating Interest (PI) 10 persen di Blok ONWJ, terus melebarkan sayap dengan catatan kegiatan usaha diluar PI di Blok Migas.

“Tentu saya berharap ke depan MUJ menjadi BUMD besar dan berkiprah secara nasional serta dapat memperkuat fiskal daerah untuk Pemerintah Provinsi Jawa Barat dalam hal ini menyumbangkan dan kontribusi kepada PAD (Pendapatan Asli Daerah) Jawa Barat,” kata perempuan yang karib disapa Kim Agung ini.

Direktur Utama MUJ Begin Troys mengatakan, sesuai arahan Pemerintah Provinsi Jawa Barat pihaknya sudah merancang & menggarap beberapa bisnis di luar pengelolaan PI 10 persen di blok ONWJ.

Bahkan pada tahun 2020 ini beberapa bisnis jasa penunjang energi tersebut sudah dijalankan.

Di Kalimantan Selatan, MUJ memberikan layanan ketenagalistrikan Diesel Rotary Uninterruptible Power Supply (DRUPS) 10 MVA untuk operasional industri di sektor hulu migas milik Pertamina EP Asset 5, di Tabalong, Kalimantan Selatan.

Lalu melalui anak perusahaan MUJ, PT Energi Negeri Mandiri (ENM) melakukan pengerjaan pengadaan 4 Unit Mobile RIG 550 HP Bersama PT Petrodrill Manufaktur Indonesia (Petrodril). Mobile RIG yang dibutuhkan PT. Pertamina Drilling Services (PDSI) ini untuk mendukung pengeboran Blok Rokan Riau.

Selanjutnya pengelolaan Pembangkit Listrik Tenaga Mini Hidro (PLTMH) Cirompang di Kabupaten Garut dan SPAM Regional Bandung Selatan.

Pengelolaan ini juga dilakukan bersama BUMD Jabar lainnya, yakni PT Tirta Gemah Ripah (Tirta Jabar) sebagai bentuk sinergitas. Tujuannya untuk meningkatkan kapasitas produksi listrik di wilayah Garut Selatan.

Menatap Segitiga Rebana Metropolitan yang dicanangkan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil sebagai wilayah futuristik di masa mendatang, MUJ juga sudah melakukan MoU dengan PT BIJB selaku pengelola Bandara Kertajati dan Kawasan Aerocity-nya. MUJ nantinya akan menyediakan utilitas listrik dan gas di kawasan tersebut.

Eksistensi bisnis MUJ Kawasan Segitiga Rebana Metropolitan ini juga akan diuji melalui pengelolaan sampah menjadi energi. MUJ mendapatkan arahan dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat agar bisa mengkaji potensi usaha penanggulangan masalah sampah regional di Jabar agar dapat dimanfaatkan sebagai bahan baku energi (waste to energy) yang ada di Kabupaten Cirebon.

Isu ini juga sudah digulirkan dan menjadi produk unggulan yang diincar calon investor dalam event West Java Investment Summit (WJIS) 2020 pada pertengahan November lalu.

“Harapan Pak Gubernur (Ridwan Kamil) itu agar MUJ bisa menjadi BUMD terbaik dalam menjalankan bisnis usaha yang profesional. Sebagai momentum hari jadi ke-6 MUJ terus akan mengembangkan usaha sesuai misi Pak Gubernur yakni perusahaan yang menguntungkan dan memberikan manfaat untuk masyarakat,” ucap Begin.

“Jika menguntungkan kita alhamdulilah sudah memberikan dividen kepada Pemprov Jabar sebanyak dua kali senilai Rp76 miliar yang diraih dari hasil laba kita. Kita juga sudah dinyatakan sebagai perusahaan yang sehat kategori AA dengan nilai 79,3 melihat dari pada RKAP tahun 2020,” imbuh Begin.

Di tengah Pandemi Covid-19, MUJ juga menunjukkan kepedulian dengan mendukung pemerintah dalam penanganan wabah global tersebut dengan menjalankan kegiatan CSR yang tersebar di 15 Kabupaten/Kota.

“Sehingga kami di tahun 2020 ini mendukung program Bapak Gubernur Jabar Ridwan Kamil dengan terjun mewujudkan kepedulian kita dalam rangka penanggulangan Covid-19 ini terhadap warga yang terdampak langsung,” tutup Begin.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meminta MUJ sebagai perusahaan daerah untuk bisa terus ulang tahun ini MUJ harus menjadi BUMD yang dikelola secara professional.

“Selamat sudah berusia 6 tahun kepada Migas Hulu Jabar. Harus profesional, berorientasi pada pengabdian, profesionalisme, harus memberikan kentungan pada pemegang saham & masyarakat dan jadilah bersemangat menjadi BUMD terbaik di Jawa Barat,” imbuh Ridwan Kamil.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper