Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ridwan Kamil Dukung Migas Hulu Jabar Jadi BUMD Juara

Memasuki usia ke-6 tahun, BUMD PT Migas Hulu Jabar (MUJ) diminta mengambil peranan lebih oleh pemegang saham agar menjadi BUMD terbaik.
6 tahun MUJ
6 tahun MUJ

Bisnis.com,BANDUNG—Memasuki usia ke-6 tahun, BUMD PT Migas Hulu Jabar (MUJ) diminta mengambil peranan lebih oleh pemegang saham agar menjadi BUMD terbaik.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan ulang tahun ke 6 MUJ harus menjadi momentum bagi korporasi untuk menjadi BUMD yang dikelola secara professional.

“Harus berorientasi pada pengabdian, profesionalisme. Memberikan keuntungan pada pemilik saham, masyarakat,” katanya dalam akun sosial media MUJ, Rabu (25/11/2020).

Pihaknya mendorong agar MUJ yang kini sudah mampu melebarkan sayap pada bisnis energi lain di luar pengelolaan participating interest (PI) blok ONWJ bisa menjadi BUMD terbaik di Jawa Barat. “Bersemangat menjadi BUMD yang terbaik di Jawa Barat, selamat. MUJ juara," tutur Ridwan Kamil.

Sekda Jabar Setiawan Wangsaatmaja menambahkan pihaknya berharap BUMD MUJ bisa terus memberikan kontribusi bagi Jawa Barat dan tidak berhenti untuk tumbuh menjadi perusahaan yang dikelola secara professional. “Terus professional,” ujarnya.

Kepala Biro BUMD dan Investasi Setda Jabar I Gusti Agung Kim Fajar mengatakan hingga usia yang ke 6 tahun MUJ kini menjadi salah satu BUMD andalan provinsi Jawa Barat.

“Saya berharap BUMD MUJ ini menjadi BUMD besar, dan dikelola secara professional,” katanya.

Menurutnya salah satu peran penting ke depan yang diharapkan pemegang saham pada MUJ adalah dukungan deviden MUJ untuk terus memperkuat fiskal atau pendapatan asli daerah (PAD) Jawa Barat. “Hidup MUJ, menjadi MUJ Juara,” ujarnya.

Selain menerima pendapatan dari pengelolaan PI 10 %, pada tahun 2020 ini MUJ bersama PT.Pilar Bahtera Energi (PBE) sebagai provider listrik premium yang disediakan PT.PLN dengan teknologi DRUPS memberikan layanan penyediaan kualitas listrik terbaik dalam operasi hulumigas Pertamina EP di Kalimantan Selatan.

Selain itu, MUJ melalui anak perusahaan PT Energi Negeri Mandiri (ENM) melakukan Pengadaan 4 Unit Mobile RIG 550 HP Bersama PT Petrodrill Manufaktur Indonesia (Petrodrill) untuk operasional pengeboran PT. Pertamina Drilling Services (PDSI) di Pertamina.

Yang terbaru MUJ berkolaborasi dengan PT Tirta Gemah Ripah (Tirta Jabar) untuk pengelolaan Pembangkit Listrik Tenaga Minihodro (PLTMH) Cirompang, di Kabupaten Garut. Selain itu, MUJ melakukan sinergi dengan PT. Bank Jabar Banten Syariah (BJBS) dalam kerjasama pembiayaan dalam pembangunan energi di Jawa Barat.

BJBS memberikan pembiayaan sebesar Rp 27 Milyar kepada MUJ untuk mendorong pengembangan usaha eksisting untuk meningkatkan pendapatan perseroan dan menindaklanjuti peluang-peluang usaha strategis yang sudah di rencanakan di tahun ini maupun di tahun 2021.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper