Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Libur Panjang, Ini Antisipasi Pemkot Bandung Hadapi Ancaman Eksodus Wisatawan

Wakil Wali Kota Bandung meminta masyarakat yang hendak pulang atau mengisi libur akhir tahun di Kota Bandung agar disiplin menjalankan protokol kesehatan.
Dea Andriyawan
Dea Andriyawan - Bisnis.com 24 November 2020  |  12:29 WIB
Wisatawan menjalani rapid test di salah satu tempat wisata di Bandung
Wisatawan menjalani rapid test di salah satu tempat wisata di Bandung

Bisnis.com, BANDUNG - Wakil Wali Kota Bandung meminta masyarakat yang hendak pulang atau mengisi libur akhir tahun di Kota Bandung agar disiplin menjalankan protokol kesehatan.

Hal tersebut menyusul prediksi terjadinya lonjakan angka kasus penularan Covid-19 yang disebabkan eksodus dari wisatawan baik lokal maupun mancanegara ke Kota Kembang.

Untuk itu, Yana mengingatkan masyarakat bahwa pandemi ini belum berakhir. Sehingga, meskipun dilakukan sejumlah pelonggaran di sektor wisata, seharusnya wisatawan bisa menyadari bahwa protokol kesehatan menjadi benteng utama menangkal penyebaran Covid-19.

Yana mengakui, memang libur panjang akhir tahun ini, Kota Bandung akan dipadati wisatawan. Terlebih, libur tersebut terjadi hampir dua pekan.

"Kita tidak bisa menutup kota dari hadirnya masyarakat yang datang dari zona merah bahkan hitam, ini konsekuensi jadi kota terbuka," jelasnya, Selasa (24/11/2020).

Yang paling bisa pihaknya lakukan adalah dengan menagih komitmen tempat wisata atau hiburan yang telah diberi relaksasi untuk mengetatkan kembali protokol kesehatan di tempat usahanya.

"Kalau saya pantau, cukup banyak tempat-tempat [yang telah direlaksasi] juga yang melebihi kapasitas dari komitmen," akunya.

Sehingga ia meminta kesadaran dari pihak pengelola wisata atau tempat hiburan untuk kembali menjalankan protokol kesehatan dan juga komitmen mengenai kapasitas pengunjung sesuai dengan Perwal yang berlaku.

"Apa lagi sekarang rumah sakit sudah penuh di Kota Bandung," jelasnya. (K34)

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pemkot bandung
Editor : Ajijah
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top