Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

WJIS 2020: Sumedang Andalkan Butom Jadi Incaran Investor

Tawaran investasi ke kawasan Metropolitan Rebana yang mencakup wilayah Kabupaten Subang, Sumedang, Majalengka, Indramayu, Kuningan, Cirebon dan Kota Cirebon menjadi mayoritas dalam ajang West Java Invesment Summit (WJIS) 2020 pada 16 November--19 November mendatang di Bandung.
Bupati Sumedang Donny Ahmad Munir/Istimewa
Bupati Sumedang Donny Ahmad Munir/Istimewa

Bisnis.com, BANDUNG - Tawaran investasi ke kawasan Metropolitan Rebana yang mencakup wilayah Kabupaten Subang, Sumedang, Majalengka, Indramayu, Kuningan, Cirebon dan Kota Cirebon menjadi mayoritas dalam ajang West Java Invesment Summit (WJIS) 2020 pada 16 November--19 November mendatang di Bandung.

Mulai dari Subang Smartpolitan, Cargo Village Kertajati Majalengka, Tempat Pengelolaan dan Pemrosesan Akhir Sampah (TPPAS) Cirebon Raya, hingga kawasan Ciater Agro Wisata, Subang, Kawasan Industri Terpadu Subang menjadi salah satu unggulan diantara 27 peluang investasi yang ditawarkan.

Bupati Sumedang Donny Ahmad Munir mengatakan pihaknya menjadi salah satu daerah yang antusias menyongsong peluang investasi dalam pengembangan kawasan Metropolitan Rebana. “Awalnya Sumedang itu tidak masuk Rebana, jadi hanya Subang, Majalengka dan Cirebon. Saya usulkan pada Pak Gubernur [Ridwan Kamil] kalau Sumedang bagian utara itu potensinya luar biasa,” katanya, Kamis (12/11/2020).

Donny mengaku meski masuk dalam detik-detik akhir perencanaan Metropolitan Rebana pihaknya berkeyakinan bisa memasukan wilayah Buahdua dan Tomo [Butom] dalam peta kompetisi menggaet investasi dengan wilayah lain di Rebana. “Kami ingin jadi yang pertama menangkap peluang di Rebana, terbaik dan berbeda,” tuturnya.

Menyiapkan lahan seluas kurang lebih 4000 hektar di tiga kecamatan yakni Tomo, Buahdua, dan Ujung Jaya dipastikan Donny strategis menjadi bagian dari Metropolitan Rebana. Berdekatan jarak dengan Bandara Kertajati, Majalengka dan Pelabuhan Patimban dan irisan tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) dan Tol Cikopo-Palimanan (Cipali).

Sumedang sendiri sudah memiliki dua kawasan industri di Jatingangor dan Cimanggung yang saat ini sudah penuh. Namun dengan adanya Metropolitan Rebana, lalu ditopang ketersediaan air Waduk Jatigede pihaknya memastikan wilayahnya akan menjadi unggulan. “Kami ingin membangun kawasan industri yang ideal, kami sampai mengubah rencana pembangunan jangka menengah untuk mengubah target dan membuat akselerasi,” tuturnya.

Sumedang berfokus tak hanya pada industri namun akan diperkuat dengan potensi pariwisata. Donny memastikan pihaknya sudah menggandeng Indonesia Tourism Development Center (ITDC) untuk pengembangan pariwisata seiring rencana pengembangan kawasan industri. “Dukungan infrastruktur sudah kami siapkan,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper