Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Jelajah Segitiga Rebana III: Gardu Induk Baru Disiapkan di Kawasan Industri Subang

PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) bersiap melayani kebutuhan listrik di Kawasan Industri baru Subang dan sekitarnya dengan berencana membangun sejumlah Gardu Induk (GI) di beberapa titik.
Dea Andriyawan
Dea Andriyawan - Bisnis.com 27 Oktober 2020  |  14:55 WIB
Tim Jelajah Segitiga Rebana III berkesempatan mengunjungi salah satu Gardu Induk Cikumpay milik PLN UP3 Purwakarta. - Bisnis/Dea Andriyawan
Tim Jelajah Segitiga Rebana III berkesempatan mengunjungi salah satu Gardu Induk Cikumpay milik PLN UP3 Purwakarta. - Bisnis/Dea Andriyawan

Bisnis.com, PURWAKARTA - PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) bersiap melayani kebutuhan listrik di Kawasan Industri baru Subang dan sekitarnya dengan berencana membangun sejumlah Gardu Induk (GI) di beberapa titik.

Manajer PLN UP3 Purwakarta Rahmi Handayani mengatakan, hal tersebut dilakukan guna memberikan pelayanan optimal bagi pelanggan baru yang akan masuk di areanya.

"Kita sudah melakukan perencanaan pembangunan GI di sejumlah titik, yang pasti akan dibangun adalah GI di Patimban," kata Rahmi kepada Tim Jelajah Segitiga Rebana III, Bisnis Indonesia, Selasa (27/10/2020).

Selain Gardu Induk Patimban, pihaknya juga akan memasang setidaknya tiga hingga empat Gardu Induk lagi untuk melayani kawasan-kawasan industri yang masuk ke areanya.

"Yang lain itu ada kawasan industri konsorsium RNI, Wika dan PTPN VIII, kemudian ada juga Subang Smartpolitan," katanya.

Meski demikian, untuk prosesnya, menurutnya memang membutuhkan waktu satu hingga dua tahun untuk membangun GI.

Namun, prosesnya kata dia, sudah dilakukan jauh-jauh hari. Sehingga, jika nantinya PLN pusat memberi lampu hijau untuk mulai membangun Gardu Induk, maka pihaknya tinggal melakukan pembangunan fisik saja.

"Kita tunggu saja dari pusat," jelasnya.

Tim Jelajah Segitiga Rebana III berkesempatan mengunjungi salah satu Gardu Induk Cikumpay milik PLN UP3 Purwakarta. Gardu induk tersebut mampu melistriki hampir seluruh wilayah Purwakarta dan sebagain di perbatasan Subang.

Program Jelajah Segitiga Rebana III digelar lewat dukungan para sponsor mulai dari PLN UID, Surya Semesta Internusa (SSIA), Humas Jabar, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Jabar, Bappeda Jabar, PT MUJ ONWJ, Cardinal, Chitose, Astra Infra Tol Road Cikopo-Palimanan, PT BIJB, ASDP, Dinas Pariwisata dan Kebudayan Jabar, Bank BJB, PT Pegadaian, XL Axiata, Robot Biru, PT Mitsubishi Motor Krama Yudha Sales Indonesia.(K34)

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jelajah Segitiga Rebana
Editor : Ajijah
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top