Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ridwan Kamil Siap Promosikan UMKM Jateng dan Jatim

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil akan membantu para pelaku UMKM di Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur lewat asistensi desain dan bantuan promosi.
Gubernur Jabar Ridwan Kamil mempromosikan produk salah satu UKM/Istimewa
Gubernur Jabar Ridwan Kamil mempromosikan produk salah satu UKM/Istimewa

Bisnis.com, BANDUNG—Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil akan membantu para pelaku UMKM di Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur lewat asistensi desain dan bantuan promosi.

Pria yang akrab disapa Emil itu bercerita, rencana ini ditindaklanjuti pihaknya usai belajar dari kesuksesan saat ia mengunggah salah satu produk sepatu asal Bandung Exodos57. Unggahan itu ternyata berdampak terhadap penjualan produk.

"Sekitar dua bulan lalu saya didatangi industri ekonomi kreatif yang menyatakan gara-gara Covid industri kreatif turun. Saya bertemu mas Gally warga Jabar keturunan Palu. Saya pakai produknya viral. Gara-gara itu statistik medsos punya nilai ekonomi," ucap Emil di Bandung, Senin (26/10/2020).

Berdasar pengalaman tersebut, Gally Rangga pemilik brand Exodos57 dan Geer Company meminta Emil untuk turut serta mempromosikan brand lokal lainnya sebagai cara mendongkrak roda ekonomi para pelaku UMKM.

"Saya itu menyambut gagasan Gally bahwa selama Covid kita perlu kebersamaan untuk meningkatkan ekonomi kreatif. Kebetulan saya punya dua hal, background desain dan follower sosial media," tuturnya.

Namun, Emil mengaku tak ingin berhenti sebatas menjadi promotor. Pihaknya juga bersedia untuk terjun langsung mendesain agar tiap produk punya identitas yang kuat.

Ide tersebut pun direspons positif para pelaku UMKM. Setelah melewati proses kruasi, total ada 22 brand lokal dari Jabar, Jateng dan Jatim yang akan berkolaborasi.

"Makanya saya tawarkan ke semuanya yang mau gak hanya di Jabar ternyata banyak. Next step kalau memang setuju saya dengan senang hati bantu, tiap brand yang sudah jadi saya ekspose. Biasanya apa yang saya posting heboh," tuturnya.

Emil pun sempat bertemu dengan para pelaku UMKM di sela kunjungannya ke Semarang,akhir pekan kemarin. Ada sekitar delapan pemilik brand yang diajak berdiskusi. Mereka pun memperkenalkan sejarah produknya hingga berkeluh kesah tentang penurunan omzet akibat pandemi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper