Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Ridwan Kamil Siap Promosikan UMKM Jateng dan Jatim

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil akan membantu para pelaku UMKM di Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur lewat asistensi desain dan bantuan promosi.
Wisnu Wage Pamungkas
Wisnu Wage Pamungkas - Bisnis.com 26 Oktober 2020  |  14:17 WIB
Gubernur Jabar Ridwan Kamil mempromosikan produk salah satu UKM - Istimewa
Gubernur Jabar Ridwan Kamil mempromosikan produk salah satu UKM - Istimewa

Bisnis.com, BANDUNG—Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil akan membantu para pelaku UMKM di Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur lewat asistensi desain dan bantuan promosi.

Pria yang akrab disapa Emil itu bercerita, rencana ini ditindaklanjuti pihaknya usai belajar dari kesuksesan saat ia mengunggah salah satu produk sepatu asal Bandung Exodos57. Unggahan itu ternyata berdampak terhadap penjualan produk.

"Sekitar dua bulan lalu saya didatangi industri ekonomi kreatif yang menyatakan gara-gara Covid industri kreatif turun. Saya bertemu mas Gally warga Jabar keturunan Palu. Saya pakai produknya viral. Gara-gara itu statistik medsos punya nilai ekonomi," ucap Emil di Bandung, Senin (26/10/2020).

Berdasar pengalaman tersebut, Gally Rangga pemilik brand Exodos57 dan Geer Company meminta Emil untuk turut serta mempromosikan brand lokal lainnya sebagai cara mendongkrak roda ekonomi para pelaku UMKM.

"Saya itu menyambut gagasan Gally bahwa selama Covid kita perlu kebersamaan untuk meningkatkan ekonomi kreatif. Kebetulan saya punya dua hal, background desain dan follower sosial media," tuturnya.

Namun, Emil mengaku tak ingin berhenti sebatas menjadi promotor. Pihaknya juga bersedia untuk terjun langsung mendesain agar tiap produk punya identitas yang kuat.

Ide tersebut pun direspons positif para pelaku UMKM. Setelah melewati proses kruasi, total ada 22 brand lokal dari Jabar, Jateng dan Jatim yang akan berkolaborasi.

"Makanya saya tawarkan ke semuanya yang mau gak hanya di Jabar ternyata banyak. Next step kalau memang setuju saya dengan senang hati bantu, tiap brand yang sudah jadi saya ekspose. Biasanya apa yang saya posting heboh," tuturnya.

Emil pun sempat bertemu dengan para pelaku UMKM di sela kunjungannya ke Semarang,akhir pekan kemarin. Ada sekitar delapan pemilik brand yang diajak berdiskusi. Mereka pun memperkenalkan sejarah produknya hingga berkeluh kesah tentang penurunan omzet akibat pandemi.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

ridwan kamil
Editor : Ajijah
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top