Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

667 Nelayan Indramayu Peroleh Bantuan Mesin Konversi BBM ke BBG

Sebanyak 667 nelayan kecil di Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, mendapatkan bantuan mesin konversi bahan bakar minyak (BBM) ke bahan bakar gas (BBG) dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) upaya untuk meringankan ongkos melaut.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 30 September 2020  |  15:48 WIB
Ilustrasi - Bisnis
Ilustrasi - Bisnis

Bisnis.com, INDRAMAYU - Sebanyak 667 nelayan kecil di Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, mendapatkan bantuan mesin konversi bahan bakar minyak (BBM) ke bahan bakar gas (BBG) dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) upaya untuk meringankan ongkos melaut.

"Tahun ini ada 667 nelayan kecil yang mendapat bantuan dari Kementerian ESDM," kata Kepala Bidang Pemberdayaan Nelayan Kecil Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Indramayu Asep Suryana di Indramayu, Rabu (30/9/2020).

Asep mengatakan pada tahun 2020 ini, di Kabupaten Indramayu terdapat 667 nelayan kecil yang mendapatkan bantuan mesin konversi BBM ke BBG dari Kementerian ESDM.

Dan mereka yang mendapatkannya kata Asep, yaitu nelayan kecil di mana mesin motornya menggunakan bahan bakar minyak jenis bensin.

"Ini khusus untuk nelayan yang perahunya berbahan bakar bensin," ujarnya.

Dia mengatakan dengan adanya program konversi BBM ke BBG ini diharapkan para nelayan bisa menghemat ongkos untuk melautnya.

Karena berdasarkan pengalaman para nelayan yang telah menggunakan mesin konversi ini, kata Asep, mereka bisa menghemat untuk bahan bakar sampai 30% daripada menggunakan BBM jenis bensin.

"Selama ini harga bensin juga lebih mahal apabila dibanding gas, maka konversi ini tentu sangat membantu para nelayan kecil," tuturnya.

Asep menambahkan di Kabupaten Indramayu jumlah nelayan kecil tercatat sebanyak 25.000 dan untuk program konversi BBM ke BBG juga pernah diterima oleh nelayan lain pada tahun 2018 lalu.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

indramayu

Sumber : Antara

Editor : Ajijah
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top