Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Kota Bandung Tingkatkan Volume Ekspor di Tengah Pandemi

Kota Bandung terus mendorong roda ekonomi bergerak dengan meningkatkan ekspor ke sejumlah negara. Salah satu upaya yang dilakukan yaitu dengan mentoring Go Export kepada para pelaku usaha di Kota Bandung.
Dea Andriyawan
Dea Andriyawan - Bisnis.com 28 September 2020  |  19:30 WIB
Program mentoring Go Export yang diusung Disdagin Kota Bandung - Bisnis/Dea Andriyawan
Program mentoring Go Export yang diusung Disdagin Kota Bandung - Bisnis/Dea Andriyawan

Bisnis.com, BANDUNG - Kota Bandung terus mendorong roda ekonomi bergerak dengan meningkatkan ekspor ke sejumlah negara. Salah satu upaya yang dilakukan yaitu dengan mentoring Go Export kepada para pelaku usaha di Kota Bandung.

Menurut Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Bandung, Elly Wasliah, kegiatan yang dilakukan selama enam kali pertemuan itu membuahkan hasil dengan melaksanakan business matching. Tak hanya kegiatan mencocokkan produk dengan buyer saja, tetapi membuahkan hasil perjanjian kerja sama.

“Mentoring Go Export khusus untuk 85 pelaku usaha yang memang produknya sudah orientasi ekspor. Alhamdulilah, menghasilkan kontrak,” tutur Elly usai menghadiri kegiatan Virtual Business Matching Bandung – Penang di Holeh Grand Tjokro, Senin (28/9/2020).

Elly mengungkapkan, ada tiga pelaku usaha yang MoU dengan Australia. Salah satunya kuliner dengan nilai kontrak Rp337 juta.

Kedua saat Go Export, terlaksana MoU dengan pengusahan Nigeria, Afrika Barat dengan 5 pelaku usaha, bernilai Rp432 juta.

"Jadi dengan dua kontrak saja sudah mencapai Rp770 jutaan. Tambah kemarin kita lakukan pengiriman sampel produk ke Selandia Baru, karena di sana sebelum lakukan MoU ingin melihat sampelnya. Kita kirimkan sekitar 7 produk, harapanmua setelah lihat maka akan ada tindak lanjut dengan MoU,” tuturnya.

Menurutnya, kegiatan business matching merupakan pertemuan para pelaku usaha untuk mempromosikan produk yang berada di Kota Bandung.

“Kami melakukan business matching, para pelaku usaha untuk tujuan mempromosikan produk Kota Bandung. Mulai dari fesyen, kuliner, craft, home decor dan produk lainnya,”tuturnya.

Namun untuk mendongkrak semangat, lanjut Elly Pemkot Bandung memberikan ruang bagi para pelaku usaha agar mampu mengekspor produknya.

“Pemkot Bandung menghadirkan para pelaku usaha agar ekspor dari pelaku usaha tetap berjalan. Alhamdulillah acara hari ini, 71 pelaku usaha Kota Bandung. Sementara itu dari KJRI Penang menghadirkan 25 buyer. Semoga ada titik temu dari Penang dan pelaku usaha Kota Bandung,” tuturnya.‎ (K34)

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pemkot bandung
Editor : Ajijah
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top