Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Potensi Tsunami 2 Meter, Ridwan Kamil Minta Kepala Daerah Waspada

Gubernur Jawa Barat minta kepala daerah waspada sehubungan adanya kajian ITB terkait adanya potensi tsunami di Pantai Selatan Jawa Barat.
Wisnu Wage Pamungkas
Wisnu Wage Pamungkas - Bisnis.com 27 September 2020  |  11:55 WIB
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (kedua kiri)
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (kedua kiri)

Bisnis.com,BANDUNG—Gubernur Jawa Barat minta kepala daerah waspada sehubungan adanya kajian ITB terkait adanya potensi tsunami di Pantai Selatan Jawa Barat.

Ridwan Kamil mengatakan pihaknya sudah meminta agar kepala daerah yang wilayahnya masuk dalam kajian tersebut untuk waspada. Menurutnya bukan tidak mungkin potensi tsunami yang ada dalam sejarah ribuan tahun Pulau Jawa kembali terulang. “Jadi kewaspadaan itu harus ditingkatkan, kurangi pergerakan di wilayah itu yang tidak perlu,” tuturnya di Bandung, Minggu (27/9/2020).

Pihaknya juga mengimbau masyarakat untuk selalu waspada jelang awal musim hujan 2020/2021 yang diperkirakan terjadi secara bertahap mulai Oktober mendatang.

Ia pun meminta para kepala daerah agar mengingatkan warganya untuk selalu waspada terhadap lingkungan tempat mereka menetap, termasuk tidak membangun rumah di bantaran sungai.

“Para kepala daerah pun harus waspada dengan membuat Contingency Planning, tahapan prabencana menjelang musim penghujan tiba, karena musim penghujan ini (terkait) kebencanaan biasanya ada dua, (yaitu) banjir dan longsor,” ujarnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pemprov jabar
Editor : Ajijah
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top