Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Budidaya Ikan Air Tawar, Purwakarta Manfaatkan Eks Galian C

Pemkab Purwakarta akan memanfaatkan sejumlah wilayah bekas galian C untuk pengembangbiakan ikan air tawar.
Wisnu Wage Pamungkas
Wisnu Wage Pamungkas - Bisnis.com 13 September 2020  |  12:28 WIB
Istimewa
Istimewa

Bisnis.com, PURWAKARTA--Pemkab Purwakarta akan memanfaatkan sejumlah wilayah bekas galian C untuk pengembangbiakan ikan air tawar.

Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika, pihaknya akan menginventarisir situ-situ bekas galian C di Purwakarta untuk dilakukan pembenahan dan penebaran benih ikan.

"Ada 8 situ eks galian C, yang nantinya akan di restocking ikan. Kemudian di pinggiran situ itu akan dimanfaatkan untuk lahan penghijauan," katanya di Purwakarta, Minggu (13/9/2020).

Bupati Anne menambahkan, situ-situ tersebut menjadi sumber air ketika musim kemarau tiba, dan nantinya akan menjadi sumber penampungan air ketika musim penghujan.

"Situ-situ ini airnya tidak pernah surut ketika musim kemarau datang karena kedalamannya lebih dari 12 meter. Jadi kedalamannya tidak seperti situ-situ yang sudah ada di Purwakarta," katanya.

Rencana ini diawali penebaran 150.000 benih ikan di danau seluas 17 hektare eks galian C di Desa Cibening Kecamatan Bungursari Kabupaten Purwakarta oleh jajaran Pangdam III Siliwangi Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto.

Mayjen TNI Nugroho Budi berharap kedepannya benih ikan yang disebar di danau tersebut bisa menjadi sumber pangan dalam beberapa bulan mendatang. Dalam upaya mengurangi dampak ekonomi akibat pandemi Covid-19, pihaknya memberikan bantuan sembako kepada warga di desa tersebut.

"Kita harapkan dalam 2-3 bulan mendatang ikan itu sudah besar, dan siapapun boleh memancingnya untuk kebutuhan pangan. Kemudian, kami membantu masyarakat kita yang terkena dampak dari pandemi Covid-19," Katanya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

purwakarta
Editor : Ajijah
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top