Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Uji Klinis Vaksin Covid-19: Ridwan Kamil Jalani Penyuntikan Kedua Senin 14 September

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil akan menjalani penyuntikan kedua vaksin Covid-19 buatan Sinovac di Puskesmas Garuda Kota Bandung, Senin (14/9/2020).
Newswire
Newswire - Bisnis.com 10 September 2020  |  18:47 WIB
Gubernur Jabar Ridwan Kamil saat penyuntikan uji vaksin tahap pertama - Antara
Gubernur Jabar Ridwan Kamil saat penyuntikan uji vaksin tahap pertama - Antara

Bisnis.com, BANDUNG - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil akan menjalani penyuntikan kedua vaksin Covid-19 buatan Sinovac di Puskesmas Garuda Kota Bandung, Senin (14/9/2020).

Orang nomor satu di Provinsi Jawa Barat ini menjadi salah seorang dari 1.600 relawan uji klinis fase tiga vaksin Covid-19 buatan Sinovac. China.

Ridwan Kamil atau Kang Emil mengaku menjaga kondisi fisiknya agar tetap prima untuk menghadapi penyuntikan kedua.

"Saya berharap semua proses uji klinis vaksin ini bisa berjalan lancar," katanya, dikutip Antara, Kamis (10/9/2020).

Sebelumnya, orang nomor satu di Provinsi Jabar itu menjalani penyuntikan pertama dalam tahapan uji klinis fase tiga vaksin Covid-19 di Puskesmas Garuda, Kecamatan Andir, Kota Bandung, pada Jumat (28/8/2020).

Dirinya menjalani penyuntikan vaksin tersebut bersama Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto, Kepala Kejati Jabar Ade Eddy Adhyaksa, dan Kapolda Jabar Irjen Pol Rudy Sufahriadi.

Setelah 14 hari penyuntikan pertama, Kang Emil dan relawan lain mengisi laporan suhu rutin dan anomali yang dirasakan tubuh secara rutin setiap hari dan ada sekitar sembilan potensi reaksi yang harus dilaporkan jika terjadi, dari gejala ringan sampai gejala agak berat.

"Semoga tes vaksin kedua, nanti selanjutnya diambil sampel darah sampai bulan Desember. Mohon doanya itu berhasil, sehingga kita bisa memproduksi dan memberikan vaksinasi kepada warga Jabar dan warga Indonesia," kata dia.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

ridwan kamil Virus Corona

Sumber : Antara

Editor : Ajijah
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top