Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Mendag Sidak Penerapan Protokol Kesehatan di Pasar Kota Cimahi, Ini Hasilnya

Menteri Perdagangan Agus Suparmanto menyebut aktivitas ekonomi harus disertai dengan kesadaran untuk menerapkan protokol kesehatan yang baik.
Dea Andriyawan
Dea Andriyawan - Bisnis.com 13 Agustus 2020  |  14:57 WIB
Menteri Perdagangan Agus Suparmanto berkunjung ke Pasar Atas Baru, Kota Cimahi
Menteri Perdagangan Agus Suparmanto berkunjung ke Pasar Atas Baru, Kota Cimahi

Bisnis.com, BANDUNG - Menteri Perdagangan Agus Suparmanto menyebut aktivitas ekonomi harus disertai dengan kesadaran untuk menerapkan protokol kesehatan yang baik. Dengan demikian, tidak hanya sektor ekonomi bisa terjaga, tapi juga sekaligus menjaga dari sisi kesehatan di tengah pandemi Covid-19.

"Kalau kita mematuhi atau disiplin dengan protokol kesehatan, semua kegiatan-kegiatan pedagang atau perekonomian akan berjalan dengan baik," kata Agus, saat berkunjung ke Pasar Atas Baru, Kota Cimahi, Kamis (13/8/2020).

Pada aktivitas ekonomi di pasar, kata Agus, penjual maupun pembeli harus menerapkan protokol kesehatan seperti memakai masker, menjaga jarak, hingga mencuci tangan. Jika penularan Covid-19 bisa dicegah, maka kegiatan ekonomi bisa terus berjalan.

Agus menilai, penerapan protokol kesehatan di Pasar Atas Baru bisa dijadikan sebagai contoh. Dari hasil pantauannya, semua pedagang sudah menerapkan protokol kesehatan dengan baik.

"Ini adalah gerakan masker untuk melindungi kita semua baik pedagang pasar, pelaku usaha maupun pengelola pasar serta para pembeli," pungkasnya.

Selain para pedagang, menurut dia, para pembeli di pasar juga mau menjaga jarak. Pintu masuk dan keluar area pasar juga dibuat terpisah, untuk menghindari kerumunan.

Sementara itu, Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum menambahkan, protokol kesehatan wajib diterapkan di seluruh pasar tradisional di Jawa Barat.

Alasannya, pasar merupakan salah satu tempat yang dianggap rentan akan penularan virus korona karena banyak orang berkumpul.

"Oleh karena itu, protokol kesehatan wajib hukumnya menurut pemerintah untuk dilaksanakan. Kalau tidak, rentan karena banyak orang," ujar Uu.

Selain itu, dirinya mengimbau kepada para pembelinya untuk membiasakan diri antre ketika terjadi penumpukan pembeli di lapak pedagang.

"Harus sadar, jangan menyerobot kalau banyak orang. Jadi, harus ada kebersamaan antara pedagang, pembeli dan aparat," tuturnya. (K34)


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

cimahi mendag
Editor : Ajijah
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top