Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Ridwan Kamil Bakal Jadi Relawan Pengujian Vaksin Covid-19

Proses pengujian klinis vaksin Covid-19 produksi Sinovac di Bandung masih menunggu daftar relawan terpenuhi.
Wisnu Wage Pamungkas
Wisnu Wage Pamungkas - Bisnis.com 03 Agustus 2020  |  14:23 WIB
Gubernur Jabar Ridwan Kamil
Gubernur Jabar Ridwan Kamil

Bisnis.com, BANDUNG — Proses pengujian klinis vaksin Covid-19 produksi Sinovac di Bandung masih menunggu daftar relawan terpenuhi.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan saat ini relawan yang terdaftar uji klinis tahap tiga mencapai 500 orang. Sementara pengujian masih membutuhkan sekitar 1.100 orang lagi relawan.

“Kami mengimbau kepada yang usianya cukup minimal 20 tahun, maksimal 59 tahun,” katanya dalam keterangan pers daring di Makodam III Siliwangi, Bandung, Senin (3/8/2020).

Agar jumlah relawan bertambah, Ridwan Kamil mengaku pihaknya sedang merumuskan rencana untuk turut menjadi relawan bersama unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompinda) seperti Kapolda, Pangdam III Siliwangi, Kepala Kejaksaan Tinggi dan Ketua Pengadilan Tingi.

“Unsur Forkompinda pun akan menjadi relawan untuk pengetesan vaksin. Kalau pimpinan ikut maka masyarakatnya pun Insyaallah akan meyakini proses vaksin berjalan lancar,” tuturnya.

Menurutnya meski proses uji klinis akan berlangsung, urusan vaksin ini masih panjang perjalanan karena proses ini akan berlangsung hingga akhir tahun. “Kalau lancar, awal Januari 2021 akan melakukan pemberian vaksin ke seluruh rakyat Jawa Barat,” tuturnya.

Sambil menunggu proses ini berjalan hingga enam bulan ke depan, pihaknya meminta seluruh pihak untuk disiplin memakai masker di ruang publik sebagai salah satu cara mengurangi persebaran Covid-19.

Warga Jabar yang ingin menjadi relawan uji klinis dapat mendaftar ke Clinical Research Unit Dept. Ilmu Kesehatan Anak Lantai 1 di RSUP Hasan Sadikin. Atau menghubungi nomor kontak 022-2034471 dan 08112214235. “Jadi, sebagian dari kami yang memenuhi syarat bisa mendaftarkan diri,” katanya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

ridwan kamil Virus Corona
Editor : Ajijah
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top