Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

16 Warga Trusmi Kulon Cirebon Positif Covid-19, Sebagian Besar Merupakan Satu Keluarga

Sebanyak 16 warga di Desa Trusmi Kulon, Kecamatan Plered, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19.
Ilustrasi/Bisnis
Ilustrasi/Bisnis

Bisnis.com, CIREBON - Sebanyak 16 warga di Desa Trusmi Kulon, Kecamatan Plered, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19.

Berdasarkan informasi dari Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten, pada Selasa (14/7/2020), salah seorang warga berjenis kelamin laki-laki, baru saja pulang dari Semarang karena mengeluhkan gangguan kesehatan.

Setelah tiba di Kabupaten Cirebon,dan beristirahat di rumah, kondisinya fisiknya terus berangsur menurun dan kemudian diputuskan untuk dirawat disalah satu rumah sakit swasta di Jalan Tuparev, Kecamatan Kedawung.

Pada hari kedua dirawat di rumah sakit tersebut, kondisi fisiknya terus menurun, sehingga dilakukan tes rapid dan tes swab oleh petugas kesehatan dengan hasil positif Covid-19.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Cirebon, Enny Suhaeni, mengatakan, satu pasien positif Covid-19 yang berangkat baru saja dari Semarang itu diketahui berkontak langsung dengan seluruh anggota keluarga dan beberapa orang lain‎.

Berdasarkan hasil tracing yang dilakukan Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Cirebon, 22 orang diketahui berkontak orang dengan satu orang tersebut.

"‎Saat diswab, dari 22 orang tersebut, 16 termasuk warga yang dari Semarang dinyatakan positif Covid," kata Enny saat ditemui di Kota Cirebon, Minggu (26/7/2020).

16 orang tersebut yakni terdiri dari, sembilan orang anggota keluarga, satu orang asisten rumah tangga (ART), satu orang tukang becak, dan lima ‎orang perangkat desa.

Enny mengatakan, saat ini ke-16 orang tersebut tengah menjalani isolasi diri di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Arjawinangun Kabupaten Cirebon, meskipun seluruhnya merupakan orang tanpa gejala.

"Daerah tersebut merupakan permukiman padat penduduk, sehingga dikhawatirkan tetap berkontak dengan yang lainnya," kata Enny.‎

Kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, kembali bertambah sebanyak 19. Sebagian besar pasien berasal dari Kecamatan Plered.

Berdasarkan dari Pusicov Cirebon, Minggu (26/7/2020), dari 19 kasus terkonfirmasi positif baru tersebut, 16 orang merupakan pasien dari kluster baru Desa Trusmi Kulon, Kecamatan Plered.

Kemudian, tiga pasien terkonfirmasi positif lainnya, dua merupakan kluster Kecamatan Losari dan satu lagi berasal dari kluster Kecamatan Gunungjati.

Pantauan Bisnis.com di Balai Desa Trusmi Kulon, Kecamatan Plered, sebanyak 107 warga desa menjalani tes swab massal yang dilakukan oleh Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Cirebon.

Selain melakukan tes swab massal kepada warga yang diduga pernah berkontak langsung dengan pasien positif, tim pun melakukan penyemprotan menggunakan cairan disinfektan ke beberapa sudut desa.

Hingga Minggu (26/7/2020), kasus terkonfirmasi covid-19 di Kabupaten Cirebon terjadi sebanyak 62. Sebanyak 24 dinyatakan sembuh, 34 masih dalam perawatan, dan 4 meninggal dunia.

Kemudian pasien dalam pengawasan atau suspek hingga saat ini mencapai 65 orang, 53 telah selesai mendapatkan pengawasan dan 12 orang lainnya meninggal dunia. (K45)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Hakim Baihaqi
Editor : Ajijah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper