Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

2 Warung Empal Gentong Andalan di Cirebon

Singgah ke wilayah Cirebon, Jawa Barat, tidak lengkap rasanya kalau tidak mencicipi kuliner khasnya. Salah satu kuliner yang selalu menjadi incaran para wisatawan saat berkunjung ke 'Kota Udang' yakni empal gentong.
Resep memasak empal gentong./Instagram
Resep memasak empal gentong./Instagram

Bisnis.com, CIREBON - Singgah ke wilayah Cirebon, Jawa Barat, tidak lengkap rasanya kalau tidak mencicipi kuliner khasnya. Salah satu kuliner yang selalu menjadi incaran para wisatawan saat berkunjung ke 'Kota Udang' yakni empal gentong.

Empal gentong merupakan makanan menyerupai soto yang di dalamnya terdapat potongan daging sapi hingga jeroan dan berkuah santan dicampur kunyit, sehingga memiliki kuah kuning. Berbeda dengan soto, kuliner tersebut dimasak menggunakan gentong dari tanah liat.

Makanan tersebut pertama kali muncul di daerah Battembat, Kecamatan Tengah Tani, Kabupaten Cirebon dan bermula dijual menggunakan pikulan kecil. Namun seiring waktu, beberapa restoran besar empal gentong pun tersebar hingga ke wilayah Kota Cirebon.


Berikut beberapa warung empal gentong di Jalur Pantura yang bisa didatangi saat berkunjung ke Cirebon

1. Empal Gentong Amarta

Restoran penjual empal gentong ini berada di Jalan IR H Juanda, Battembat, Kabupaten Cirebon atau berada di jalur Pantura. Selain empal gentong, tempat ini menyajikan empal asem. Kuah empal asem, menggunakan belimbing wuluh dan tidak menggunakan santan.

Empal Gentong Amartha yang sudah ada sejak 1997 ini, buka sekira pukul 09.00 WIB sampai 20.30 WIB. Satu porsi dijual dengan harga Rp24.000.

2. Empal Gentong Haji Apud

Berada di Jalan IR H Juanda, restoran Empal Gentong Haji Apud tidak jauh dari lokasi Empal Gentong Amarta. Selain di lokasi tersebut, restoran ini pun sudah memiliki cabang yakni di Jalan Tuparev dan Centra Batik Trusmi.

Untuk satu porsi empal gentong di restoran, dijual dengan harga Rp23.000. Selain itu pembeli bisa memadukan empal gentong dengan sate kambing. (K45)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Hakim Baihaqi
Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper