Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ridwan Kamil Dinilai Berhasil Atasi Covid-19 oleh PBB

Menurut UNDP, Gubernur Jawa Barat menempatkan pendekatan ilmiah yang berangkat dari data lapangan yang disampaikan secara transparan kepada publik sebagai etos kerja.
Ridwan Kamil dan Atalia Ridwan Kamil di RSUP Hasan Sadikin Bandung./Humas Pemprov.
Ridwan Kamil dan Atalia Ridwan Kamil di RSUP Hasan Sadikin Bandung./Humas Pemprov.

Bisnis.com, BANDUNG—UNDP (United Nation Development Program) atau Badan Program Pembangunan PBB menilai Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil adalah kepala daerah setingkat gubernur di Indonesia yang melakukan penanganan Covid-19 paling baik.

Penilaian itu disampaikan Kepala Perwakilan UNDP Indonesia Christophe Baheut dalam acara NextGenGov Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) online yang digelar Jumat (26/6/2020) malam. Acara yang digelar salah satu organisasi PBB tersebut membahas upaya dan langkah-langkah strategis seorang pemimpin menghadapi tantangan besar seperti pandemi Covid-19.

Christophe Baheut mengatakan dalam pemaparannya bagaimana Ridwan Kamil merespons Covid-19. Menurutnya Gubernur Jawa Barat menempatkan pendekatan ilmiah yang berangkat dari data lapangan yang disampaikan secara transparan kepada publik sebagai etos kerja.

“Gubernur Ridwan Kamil berbagi pendekatan dan hasil untuk merespons Covid-19 berdasarkan sikap proaktif, sains, transpransi, kemitraan dan inovasi. Ini pengalaman nyata yang berharga dibagikan [Ridwan Kamil] di acara Summit untuk mengubah [wajah] pemerintahan,” katanya.

Ridwan Kamil juga dinilai membuat pembahasan menarik terkait sikap dan perilaku yang harus dibutuhkan oleh aparatur sipil negara yang mampu bertindak lebih gesit dan proaktif sepanjang dan setelah masa pandemi Covid-19.

KTT Online NextGenGov yang digelar UNDP semalam juga turut menghadirkan Menteri Pendidikan Bangladesh Dipu Moni, Anggota Komisi Keuangan India Anoop Singh, Senantor Filipina Pia S Cayetano, dan Deputi Monitoring Evaluasi dan Pengendalian Pembangunan Bappenas Taufik Hanafi.

Bukan sekali ini saja pihak UNDP memberikan pujian pada kinerja Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil terkait penanganan Covid-19.

Sebelumnya, dalam video conference April laluChristophe Bahuet mengatakan, Provinsi Jawa Barat merupakan salah satu daerah yang paling terdampak Covid-19 namun pihaknya pun melihat banyak respons baik yang dilakukan Jabar di bawah kepemimpinan Kang Emil.

"Kami sudah melihat bagaimana Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat merespons dan bertindak (dalam pandemi) dan kami menemukan banyak aksi (kebijakan) menarik. Pekerjaan kalian (Jabar), misalnya aplikasi PIKOBAR ini, sangat futuristik, menunjukkan bagaimana pemerintah daerah bekerja di masa depan. Setelah COVID-19 berakhir, ini akan menjadi cara pemerintah daerah bekerja secara digital. Dan cara bekerja kalian akan menjadi pemimpin dalam inovasi," pujinya.

Chris pun menegaskan bahwa UNDP Indonesia bekerja sama dengan pemerintah pusat terus mendukung warga Indonesia dalam melawan Covid-19. Setelah mengamati dampak kesehatan dan sosial-ekonomi, UNDP pun memberikan masukan dan rekomendasi kepada pemerintah daerah.

"Mendengar (paparan) langsung dari Anda (Ridwan Kamil) sungguh luar biasa. Seperti yang Anda sebut, kita masih mencoba menemukan solusi yang tepat, itu sebabnya setiap hari kita semua masih belajar. Dan ada banyak pelajaran yang didapat dari Jawa Barat yang bisa kami bagi kepada pemerintah daerah lain di Indonesia maupun (kawasan) Asia Pasifik," tutupnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper