Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemkot Bandung Temukan Warga Penerima PKH Berumah Permanen 2 Lantai

Pemerintah Kota Bandung menemukan rumah permanen berlantai dua yang tergolong warga sejahtera menerima bantuan sosial Program Keluarga Harapan (PKH) di Kecamatan Mandalajati, Kota Bandung.
Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana/Bisnis-Dea Andriyawan
Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana/Bisnis-Dea Andriyawan

Bisnis.com, BANDUNG - Pemerintah Kota Bandung menemukan rumah permanen berlantai dua yang tergolong warga sejahtera menerima bantuan sosial Program Keluarga Harapan (PKH) di Kecamatan Mandalajati, Kota Bandung.

Hal tersebut ditemukan usai dilakukan penempelan stiker tanda penerima PKH di rumah penerima.

"Benar, itu saya juga tempelin, rumahnya lantai dua, permanen. Bagus lah gitu ya," kata Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana di Balai Kota Bandung, Rabu (17/6/2020).

Yana menyebut, pemasangan stiker itu baru dilakukan di satu kecamatan, yaitu Kecamatan Mandalajati.

"Baru satu, Mandalajati aja," ucapnya.

Yana juga menyebut, dirinya sempat berbincang dengan warga penerima PKH dan tinggal di rumah berlantai dua tersebut.

"Tapi kita tanya, ya memang perlu saya (kata warga), dan dia kan sudah terdaftar di DTKS nya, jadi memang punya hak," sebutnya.

Meski begitu, ada juga warga yang memutuskan mengundurkan diri menerima bantuan PKH karena perekonomiannya sudah sejahtera.

"Dan memang ada juga beberapa yang kita mau tempel, ternyata mereka sudah naik kelas sekarang, tidak diambil bantuannya, katanya bantuannya untuk yang lebih berhak saja," ungkapnya.

Ada juga, warga yang memutuskan untuk tidak menerima kembali bantuan PKH karena malu rumahnya dipasang stiker sebagai penerima bantuan.

Yana menambahkan, dengan pemasangan stiker itu masyarakat bisa mengawasi, karena data bersifat dinamis, apalagi saat pandemi Covid-19,

"Misalnya dalam tiga hari ke depan masih tahan, tapi hari keempat mungkin saja gak tahan, karena terus (menurun ekonominya)," pungkasnya. (K34)

Sementara itu, Meski ditemukan warga dengan perekonomian sejahtera mendapatkan bantuan PKH, Camat Mandalajati Yana Rusmulyana ‎memastikan banyak warganya yang memutuskan untuk tidak menerima PKH karena kondisi ekonominya membaik.

"Kalaupun ada warga masyarakat yang keberatan (dipasang stiker) dia malah membuat surat pernyataan mengundurkan diri. Bagus, saya atur dan laporkan diserahkan kepada warga yang betul-betul membutuhkan," kata Yana.

Dia berharap, bila ada warga penerima PKH dan kini perekonomiannya sudah merasa mampu dan sejahtera, diharapkan untuk mengundurkan diri dan memberikan bantuan tersebut kepada warga yang berhak menerima.

"Ya mudah-mudahan masyarakat mengerti, bahwa ada warga yang berhak menerima. Syukur mereka mengundurkan, ya bagus, doa sudah sadar karena naik kelas, sudah mampu, itu harapannya," harapnya. (K34)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dea Andriyawan
Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper