Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Enam Usulan Jawa Barat Masuk Proyek Strategis Nasional

Pemerintah Provinsi Jawa Barat memastikan dari 20 usulan Proyek Strategis Nasional (PSN), Pemerintah Pusat sudah mengakomodir 6 usulan.
Ilustrasi
Ilustrasi

Bisnis.com, BANDUNG—Pemerintah Provinsi Jawa Barat memastikan dari 20 usulan Proyek Strategis Nasional (PSN), Pemerintah Pusat sudah mengakomodir 6 usulan.

Kepala Bappeda Jabar Taufiq Budi Santoso mengatakan dalam Pembahasan Usulan PSN Provinsi Jawa Barat dengan Sekretaris Pelaksana Komite Percepatan Penyediaan Infrastruktur Prioritas (KPPIP), Bastary Pandji Indra dua pekan lalu disampaikan enam proyek diantaranya telah terakomodir dalam 89 PSN.

Taufiq merinci keeenam proyek tersebut ialah:

1. Pembangunan Double Track Jalur Kereta Api Bogor-Sukabumi;
2. Peningkatan Sarana dan Prasarana Kereta Api Lintas;
3. Pembangunan TPPAS Regional Bandung Raya;
4. Pembangunan Jalan Tol Gedebage-Cilacap;
5. Pembangunan Jalan Tol Akses Pelabuhan Patimban;dan
6. Pembangunan TPPAS Regional Cirebon Raya

“PSN dipilih berdasarkan proyek yang dianggap memiliki urgensi tinggi, dan Komitmen dapat direalisasikan dalam kurun waktu yang singkat, yaitu maksimal di kuartal III Tahun 2024,” katanya dalam keterangan Bappeda Jabar, Minggu (14/6/2020).

Taufiq menambahkan beberapa usulan PSN, seperti Pembangunan Bandara Cikembar, Pengembangan Bandara Nusawiru, Pembangunan Jalur Kereta Api Bandara Kertajati dan Pembangunan Jalan Puncak II sudah disampaikan sebagai Major Project dalam Musrenbangnas pembahasan RAPBN bersama Kementerian terkait, dan disepakati akan diakomodir dalam RKP Tahun 2021.

“Selain itu Pembangunan Waduk Cibeet merupakan komitmen Kementerian PUPR sebagai upaya penyelesaian banjir di Jabodetabek, sedangkan Waduk Cijuray merupakan komitmen Kementerian PUPR sebagai bentuk kompensasi penyediaan air baku untuk wilayah Kabupaten Bogor,” katanya.

Rencananya Pemprov Jabar akan melakukan penelaahan kembali kembali terhadap 14 usulan proyek yang belum terakomodir dalam PSN, dan akan menyerahkan dokumen kajian pendukung usulan PSN kepada KPPIP.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper