Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Langgar PSBB, Izin Operasional 58 Industri di Jawa Barat Dicabut

Ada 58 industri di Jawa Barat yang izinnya dicabut Kementerian Perindustrian terkait pelanggaran saat pembatasan sosial berskala besar (PSBB) diberlakukan.
Wisnu Wage Pamungkas
Wisnu Wage Pamungkas - Bisnis.com 22 Mei 2020  |  16:26 WIB
Ilustrasi - Bisnis.com
Ilustrasi - Bisnis.com

Bisnis.com,BANDUNG--Ada 58 industri di Jawa Barat yang izinnya dicabut Kementerian Perindustrian terkait pelanggaran saat pembatasan sosial berskala besar (PSBB) diberlakukan.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Jawa Barat Moh.Arifin Soedjayana mengatakan 58 dari 5.800 industri atau perusahaan di Jawa Barat dicabut izin operasionalnya oleh Kementrian Perindustrian karena melanggar peraturan operasional di tengah pandemi Covid-19.

Menurutnya selama pelaksanaan PSBB tingkat Jabar sejumlah industri masih diperkenankan dibuka tapi harus ada izin operasional mobilisasi kegiatan industri.

"Jabar secara nasional paling banyak tersebar industrinya yang mendapat izin dari kemenperin. Di antaranya Purwakarta, Karawang, Bekasi dan Bogor. Sebanyak 5.800 yang diberikan izin dari kementrian," katanya kepada Bisnis, Jumat (22/5/2020).

Adapun jumlah industri tersebut merupakan industri besar yang menyerap 1,6 juta tenaga kerja. "Secara umum bahwa industri di Jabar masih ada yang buka, ekonomi berjalan cuma ptorokol kesehatan harus dijaga. Kawasan industri ada aturan, ada 58 industri yang dicabut karena tidak ikut aturan," katanya.

Untuk diketahui, sejak adanya Covid-19 ini, pemerintah sudah mengimbau kepada industri untuk bisa melaksanakan protokol kesehatan kerja. Kemudian khusus untuk daerah PSBB dimana industri dibatasi seiring adanya beberapa aturan sudah dikeluarkan peraturan menteri perindustrian nomor 4 tahun 2020 tentang masa operasional pabrik di masa pandemi.

Dalam surat tersebut industri yang berjalan pada saat pandemi harus melaksanakan protokol yang sesuai dengan pedoman dari WHO.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB)
Editor : Ajijah
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top