Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

RUPS Tahunan, Migas Hulu Jabar Setor Dividen Rp38 Miliar

BUMD PT Migas Hulu Jabar (MUJ) membukukan hasil positif sepanjang 2019 lalu terutama lewat peningkatan laba dan setoran dividen pada pemegang saham.
RUPS Tahunan, Migas Hulu Jabar setor dividen Rp38 miliar
RUPS Tahunan, Migas Hulu Jabar setor dividen Rp38 miliar

Bisnis.com,BANDUNG - BUMD PT Migas Hulu Jabar (MUJ) membukukan hasil positif sepanjang 2019 lalu terutama lewat peningkatan laba dan setoran dividen pada pemegang saham.

Hasil ini diumumkan MUJ dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan Tahun Buku 2019 (RUPST). RUPST yang digelar di Bandung, Selasa (19/5/2020) kemarin.

Dalam rilis resmi korporasi kepada Bisnis, Rabu (20/5/2020) RUPST dihadiri pemegang saham dari Pemprov Jabar yang diwakili Kepala Biro BUMD dan Investasi Noneng Komara Nengsih, beserta jajaran dan pengurus dari MUJ yakni Komisaris Utama: Faisal Rahadian, Komisaris: Abi Rusman Tjokronolo, Direktur Utama: Begin Troys, dan Direktur Keuangan dan Umum: Punjul Prabowo. Selain itu, RUPS tahunan MUJ kali ini juga dihadiri oleh Ketua Komisi III DPRD Jabar Cucu Sugyati.

Dari laporan pengurus yang disampaikan kepada pemegang saham, BUMD yang bergerak di bidang bisnis energi ini menyampaikan capaian gemilang di tahun 2019 dengan membukukan laba senilai Rp63,207 miliar, dan peningkatan pembagian dividen kepada pemegang saham dengan nominal sebesar Rp38 miliar.

Dividen Tahun 2019 tersebut lebih besar daripada Dividen Tahun 2018 yang lalu sebesar Rp37,1 miliar. Direktur Utama MUJ Begin Troys mengatakan, laba dan dividen tersebut diperoleh dari hasil pengelolaan hak Participating Interest (PI) 10 persen di Wilayah Kerja Offshore North West Java (ONWJ) dan pengelolaan bisnis Jasa Penunjang Migas.

Tahun 2019 merupakan tahun finalisasi pengalihan dan pengelolaan hak PI dari PHE ONWJ kepada anak usaha MUJ yaitu PT MUJ ONWJ. MUJ melalui Anak Perusahaan MUJ ONWJ menjadi implementator pertama Permen ESDM No. 37 Tahun 2016 sehingga menjadi rujukan pertama juga bagi daerah-daerah lain dalam menjalankan proses pengalihan & Pengelolaan Hak PI nya.

“Capaian MUJ di Tahun 2019 tak dapat dipisahkan dengan apa yang sudah kami lakukan di tahun 2018 dan tahun-tahun sebelumnya terkait proses pengalihan dan pengelolaan hak PI. Selain itu, di tahun 2019 kita juga sudah memulai mengembangkan usaha ketenagalistrikan, infrastruktur energi, jasa usaha konsultan PI dan beberapa proyek Total Energi Solution di Jawa Barat,” kata Direktur Utama MUJ Begin Troys.

Begin menambahkan, modal kesuksesan 2019 MUJ langsung memperkuat daya dukung perseroan sehingga sesuai arahan dukungan Biro BUMD & Investasi, MUJ segera melakukan perbaikan Rencana Bisnis Perseroan, termasuk penguatan visi dan misi MUJ yang selaras dengan visi Gubernur Ridwan Kamil yakni Jabar Juara Lahir Batin.

Penguatan itu dijalankan dengan mulai melakukan ekspansi usaha baru di sektor Jasa Penunjang Migas Bidang Ketenagalistrikan melalui unit usaha baru, serta tiga Unit Bisnis lain yang secara khusus memiliki potensi; mulai memberikan kontribusi pendapatan di Tahun 2019.

“Beberapa kegiatan usaha juga kita jalankan melalui sinergi dengan BUMD di Jabar atau di luar Jabar. Ke depan, usaha yang sudah dirintis tahun 2019 akan dilanjutkan & dikembangkan di tahun 2020 sehingga pendapatan MUJ ke depan meningkat tidak hanya dari pengelolaan hak PI,” tutur Begin.

“Kami senantiasa optimis bahwa MUJ ke depan akan lebih baik lagi. Untuk menopang pertumbuhan usaha yang prospektif, internal MUJ akan terus memperbaiki diri, berinovasi dan memperkuat sinergi dalam upaya menjaga mengoptimalkan semua daya dukung perseroan demi terciptanya bisnis yang sustainable dan senantiasa memberikan manfaat bagi Jawa Barat,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper