Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemkot Bandung Pastikan PPDB Tahun Ini 100 Persen Online

Dinas Pendidikan Kota Bandung memastikan akan memaksimalkan sosialisasi Penerimaan Peserta Didik‎ Baru (PPDB) tahun ini yang berbeda dengan tahun lalu.
Informasi penerimaan peserta didik baru (PPD) 2020 di Provinsi Jawa Barat./Instagram @disdikjabar
Informasi penerimaan peserta didik baru (PPD) 2020 di Provinsi Jawa Barat./Instagram @disdikjabar

Bisnis.com, BANDUNG - Dinas Pendidikan Kota Bandung memastikan akan memaksimalkan sosialisasi Penerimaan Peserta Didik‎ Baru (PPDB) tahun ini yang berbeda dengan tahun lalu.

Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana mengatakan PPDB tahun ini memang berbeda dengan tahun sebelumnya. Yang mencolok, tahun ini seluruh alur pendaftaran 100 persen dilakukan online.

"Tahun sekarang diupayakan semuanya lewat online, kita berkepentingan supaya teman-teman kewilayahan ini paham dan bisa menjawab semua pertanyaan masyarakat supaya tidak ada kesimpang siuran, karena biasanya masyarakat akan menanyakan ke teman-teman kewilayahan," ujar Yana, saat ditemui di Balai Kota, Jumat (15/5/2020).

Bagi orang tua siswa yang mengalami masalah saat proses pendaftaran, kata dia, bisa langsung mengadukan kepada wali kelas yang mengurusi proses pendataan sebelum pendaftaran.

"Bagi warga yang mengalami kesulitan bisa disampaikan kepada wali kelas, dari sana akan disampaikan ke operator dilanjutkan ke laman ppdb.bandung.go.id. Jadi komunikasinya dengan wali kelas, karena selama belajar di rumah, wali kelas intens berkomunikasi dengan orang tua siswa, mereka juga pasti punya WA grup," katanya.

Sebelumnya, Dinas Pendidikan Kota Bandung meminta agar para wali kelas memberikan pemahaman yang komprehensif kepada orang tua siswa tentang mekanisme baru PPDB 2020.

Adapun teknis pendaftaran PPDB tahun ini yaitu pertama para orang tua harus menyiapkan persyaratan PPDB dan dikirimkan bentuk data digital ke wali kelas, baik KTP, Kartu Keluarga (KK) dan yang lainnya.

Data tersebut, kemudian akan diupload oleh operator ke sistem melalui ppdb.bandung.go.id. Satu sekolah akan ada satu operator.

Setelah operator mengunggah data siswa, sistem akan memunculkan username setiap siswa. Username tersebut akan diberikan kepada orang tua siswa melalui wali kelas.

Lalu, dengan username tersebut, orang tua harus mengecek data pendaftaran yang sudah diunggah oleh operator. Jika data tersebut sudah betul, orang tua tinggal melakukan verifikasi.

Mekanisme pendaftaran ini, berlaku untuk PPDB tingkat sekolah dasar (SD) dan sekolah menengah pertama (SMP). Bagi, calon siswa SD yang tidak mengikuti Taman Kanak-kanak (TK), bisa mendaftarkan diri langsung ke sekolah tujuan.

Proses pendataan wali kelas dan validasi data itu akan berlangsung pada 11 Mei hingga 13 Juni 2020. Jangka waktu itu diperuntukkan terhadap seluruh jalur pendaftaran PPDB, yakni jalur afirmasi RMP, jalur prestasi, jalur zonasi, dan jalur perpindahan orang tua.

Untuk pendaftaran jalur afirmasi dan jalur prestasi dijadwalkan pada 15-19 Juni 2020. Sedangkan untuk pendaftaran jalur zonasi dan jalur perpindahan orang tua dijadwalkan pada 22-26 Juni 2020.‎ (K34)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dea Andriyawan
Editor : Ajijah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper