Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Disperindag Jabar Pastikan Ketersediaan Pangan Aman Hingga Lebaran

Dinas Perindustrian dan Perdagangan Jawa Barat memastikan saat ini ketersediaan pangan di Jawa Barat aman hingga Idulfitri nanti.
Wisnu Wage Pamungkas
Wisnu Wage Pamungkas - Bisnis.com 08 April 2020  |  17:47 WIB
Gubernur Jabar Ridwan Kamil ditemani Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Jawa Barat Moh Arifin Soedjayana saat meninjau pedagang di Pasar Sederhana, Kota Bandung - Istimewa
Gubernur Jabar Ridwan Kamil ditemani Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Jawa Barat Moh Arifin Soedjayana saat meninjau pedagang di Pasar Sederhana, Kota Bandung - Istimewa

Bisnis.com, BANDUNG - Dinas Perindustrian dan Perdagangan Jawa Barat memastikan saat ini ketersediaan pangan di Jawa Barat aman hingga Idulfitri nanti.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Jawa Barat Moh Arifin Soedjayana mengatakan meskipun stok kebutuhan pokok dalam jumlah besar dipersiapkan sebagai bagian dari jaring pengaman sosial non tunai untuk warga terdampak wabah COVID-19, namun ketersediaan logistik masih mencukupi.

“Ketersediaan pangan di Jawa Barat selain untuk pemenuhan logistik JPS, pada umumnya mencukupi. Prodiagnosa ketersediaan pangan itu ada di DKPP, jadi laporannya dari DKPP itu logistik aman, termasuk ketersediaan gula pasir. Hingga bulan Ramadan ini ketersediaan logistik mencukupi,” katanya di Bandung, Rabu (8/4/2020).

Saat ini pihaknya bersama Bulog Jabar terus mengintensifkan koordinasi mengenai ketersediaan logistik ini, baik untuk penyaluran JPS nontunai maupun untuk kebutuhan menjelang Ramadan hingga Idulfitri. Pihaknya pun turut memastikan ketersediaan pangan dari petani melalui mekanisme yang disepakati bersama Bulog.

“Pemerintah bekerjasama dengan Bulog dengan catatan Bulog harus mampu menyerap produksi pangan dari petani termasuk berkoordinasi dengan Asosiasi Pedagang Pasar dan pelaku produksi, baik produksi masyarakat maupun lainnya. Intinya, Bulog harus mampu menggerakan ekonomi masyarakat meskipun dalam kondisi tanggap darurat wabah seperti sekarang,” tuturnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pemprov jabar
Editor : Ajijah
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top