Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Jumlah ODR di Kabupaten Cirebon Bertambah, Sebagian Besar Merupakan Pemudik

Jumlah orang dalam risiko (ODR) di Kabupaten Cirebon terus bertambah menjadi 12.239 orang. Diketahui, belasan ribu orang tersebut sebagian besar merupakan pemudik dari wilayah Jakarta, Bogor, Tangerang, Depok, dan Bekasi (Jabodetabek).
Hakim Baihaqi
Hakim Baihaqi - Bisnis.com 08 April 2020  |  18:05 WIB
Warga Jakarta bersiap mudik di tengah pandemi corona - Bisnis
Warga Jakarta bersiap mudik di tengah pandemi corona - Bisnis

Bisnis.com, CIREBON - Jumlah orang dalam risiko (ODR) di Kabupaten Cirebon terus bertambah menjadi 12.239 orang. Diketahui, belasan ribu orang tersebut sebagian besar merupakan pemudik dari wilayah Jakarta, Bogor, Tangerang, Depok, dan Bekasi (Jabodetabek).

"Berdasarkan informasi yang kami terima, angka tersebut merupakan jumlah pemudik yang ditelah didata oleh pemerintah daerah," kata Kasubag Humas Setda Kabupaten Cirebon, Nanan Abdul Manan, melalui pesan singkat, Rabu (8/4/2020).

Sebelumnya, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Cirebon, meminta kepada seluruh pemudik terutama dari wilayah Jabodetabek untuk melaporkan diri ke pemerintah setempat, guna mencegah risiko penularan COVID-19.

Setelah melaporkan diri ke petugas, nantinya para pemudik akan masuk kedalam klasifikasi orang dalam risiko (ODR), orang dalam pemantauan (ODP), atau pun pasien dalam pengawasan (PDP).

Masyarakat yang diminta tidak perlu takut dengan stigma negatif apabila melapor. Sebaliknya, masyarakat tersebut akan membantu keluarga agar tidak tertular COVID-19.

Selama 14 hari di rumah masing-masing, pemudik diminta menjaga jarak minimal 1 meter dengan anggota keluarga dan masyarakat. Bila ada keluhan batuk, meriang, panas, serta sesak segera periksa ke layanan kesehatan terdekat.

Dari informasi Pusat Data dan Informasi Corona Virus Disease 2019 (PUSICOV) Kabupaten Cirebon, terkait COVID-19 sampai Rabu (7/4/2020). Jumlah pasien positif masih berjumlah dua orang.

Jumlah pasien dalam pengawasan (PDP) di Kabupaten Cirebon sampai saat ini berjumlah 31 orang. 12 orang masih dalam perawatan, sedang 19 orang lainnya sudah dinyatakan sembuh dan diperbolehkan untuk pulang.

Sedankan jumlah orang dalam pemantauan (ODP), sebanyak 137 orang. 86 orang selesai dilakukan pemantauan oleh petugas kesehatan dan 51 orang lainnya masih dalam pemantauan. (K45)

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

cirebon
Editor : Ajijah
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top