Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Cegah Corona, Mal di Kota Bandung Sudah Tutup. Bogor dan Bekasi Belum

Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Jawa Barat masih menunggu laporan dari kabupaten/kota terkait penutupan operasional mal guna menekan penyebaran virus corona.
Wisnu Wage Pamungkas
Wisnu Wage Pamungkas - Bisnis.com 27 Maret 2020  |  16:35 WIB
Ilustrasi. Suasana lengang terlihat di salah satu pusat perbelanjaan usai adanya anjuran untuk menjaga jarak sosial dan beraktivitas dari rumah untuk mencegah penyebaran virus corona di Jakarta, Senin (23/3/2020).  - Bisnis/Nurul Hidayat
Ilustrasi. Suasana lengang terlihat di salah satu pusat perbelanjaan usai adanya anjuran untuk menjaga jarak sosial dan beraktivitas dari rumah untuk mencegah penyebaran virus corona di Jakarta, Senin (23/3/2020). - Bisnis/Nurul Hidayat

Bisnis.com, BANDUNG — Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Jawa Barat masih menunggu laporan dari kabupaten/kota terkait penutupan operasional mal guna menekan penyebaran virus corona.

Kadisperindag Jabar Moh.Arifin Soedjayana mengatakan pusat perbelanjaan di daerah dilaporkan sudah mulai menutup secara mandiri. Namun dalam laporan yang didapat baru mal di Kota Bandung yang hari ini mulai serempak menutup operasi.

“Sudah banyak yang mulai tutup, kebijakan ini dikembalikan ke masing-masing pengelola saja, kami tidak memberikan saran atau perintah khusus karena tampaknya social distancing dan work from home mulai diterapkan cukup bagus,” katanya di Bandung, Jumat (27/3/2020).

Menurutnya mal yang relatif disiplin dan kompak melakukan penutupan operasi baru terjadi di Kota Bandung. Pihaknya belum mendapatkan laporan dari wilayah yang tercatat memiliki jumlah ODP dan PDP tinggi seperti di Kota Bogor dan Kota Bekasi menerapkan kebijakan penutupan ini.

“Sementara Kota Bandung pengelola pusat perbelanjaannya disiplin. Karena meski ada kebijakan social distancing ada yang masih ramai dikunjungi, jadi penutupan ini tepat. Kalau di Kota Bogor dan Kota Bekasi yang jumlah mal besarnya tinggi, belum,” ujarnya.

Selain itu pihaknya juga memastikan bahwa kebijakan penyemprotan disinfektan di pasar-pasar tradisional sudah banyak berjalan efektif di 27 kabupaten/kota. Dalam catatan pihaknya, Pemerintah Kota Bandung, Garut, Bogor dan Bandung Barat sudah melaporkan banyak pasar tradisional dibersihkan disinfektan.

“Yang lain belum ada laporan resmi, tapi ini mungkin sudah dilakukan dan berjalan di daerah. Untuk disinpektan pasar tradisional kami sendiri memang mengeluarkan imbauan khusus, semetara begitu updatenya,” pungkasnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Virus Corona
Editor : Ajijah
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top