Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Mobil Maskara Efektif Sosialisasikan Pencegahan Corona di Perbatasan Jawa Barat

Mobil Aspirasi Kampung Juara (Maskara) menjadi alat sosialisasi pencegahan virus corona (COVID-19) yang terbilang efektif menjangkau masyarakat desa di perbatasan Jawa Barat.
Wisnu Wage Pamungkas
Wisnu Wage Pamungkas - Bisnis.com 23 Maret 2020  |  16:10 WIB
Mobil Aspirasi Kampung Juara (Maskara) menjadi alat sosialisasi pencegahan virus corona - Istimewa
Mobil Aspirasi Kampung Juara (Maskara) menjadi alat sosialisasi pencegahan virus corona - Istimewa

Bisnis.com, BANDUNG — Mobil Aspirasi Kampung Juara (Maskara) menjadi alat sosialisasi pencegahan virus corona (COVID-19) yang terbilang efektif menjangkau masyarakat desa di perbatasan Jawa Barat.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Jawa Barat Dedi Sopandi mengatakan sejak dua pekan lalu, sejumlah desa yang sudah memiliki bantuan Maskara aktif melakukan sosialisasi perilaku hidup bersih sehat (PHBS) sebagai upaya menangkal penyebaran COVID-19.

“Sejak awal kami mengeluarkan himbauan agar pencegahan COVID-19 ini kepada BPMD kabupaten, kepala desa, pendamping kader posyandu dan pengurus DPD untuk sama-sama mensosialisasikan peringatan kewaspadaan terhadap resiko penularan COVID-19,” katanya dihubungi Senin (23/3/2020).

Menurutnya dalam situasi saat ini, pihaknya mempersilakan aparatur desa menggunakan maskara sebagai alat sosialisasi di wilayah masing-masing maupun lintas desa. Sudah terdistribusi sebanyak 126 unit, kendaraan multifungsi ini juga dipakai aparat kepolisian dan kecamatan untuk sosialisasi.

“Jadi sudah lintas desa antar kecamatan. Di perbatasan [Jawa Barat] juga sama,” tuturnya.

Dedi menilai upaya aparatur desa mensosialisasikan pencegahan COVID-19 ini patut diapresiasi. Berbekal pengeras suara, para pengurus desa memberikan informasi pada warga bagaimana tips menjaga kesehatan dari ancaman birus. “Ada desa yang pinjam maskara ke desa lain, ada yang inisiatif pakai bak terbuka,” ujarnya.

Sosialisasi bergerak ini selanjutnya turut dibantu oleh kader pendamping posyandu dan ketua RT/RW yang juga mendapatkan bahan-bahan sosialisasi dari aplikasi Sapa Warga.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pemprov jabar
Editor : Ajijah
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top