8 Perjalanan KA Cirebon Dibatalkan Gara-gara Wabah Corona

PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi (Daop) 3 Cirebon, melakukan penyesuaian perjalanan kereta api, salah satunya Kereta Api Argo Cheribon. Hal tersebut dilakukan untuk mencegah penyebaran virus corona (COVID-19).
Hakim Baihaqi
Hakim Baihaqi - Bisnis.com 22 Maret 2020  |  20:42 WIB
8 Perjalanan KA Cirebon Dibatalkan Gara-gara Wabah Corona
Penyemprotan disinfektan di dalam gerbon kereta api - Bisnis/Hakim Baihaqi

Bisnis.com, CIREBON - PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi (Daop) 3 Cirebon, melakukan penyesuaian perjalanan kereta api, salah satunya Kereta Api Argo Cheribon. Hal tersebut dilakukan untuk mencegah penyebaran virus corona (COVID-19).

Manager Humas PT KAI Daop 3 Luqman Arif, mengatakan, penyesuaian pembatalan perjalanan tersebut berlaku mulai hari ini, Minggu (22/3/2020). Kebijakan tersebut merupaya upaya social distancing untuk mengurangi mobilitas masyarakat.

“Perjalanan KA Argo Cheribon, pada hari ini sampai dengan Selasa (31/3/2020) akan ada pembatalan sebanyak 8 perjalanan KA Argo,” kata Luqman di Kota Cirebon, Minggu (22/3/2020).

Namun begitu, masyarakat pun masih bisa melakukan perjalanan menggunakan Kereta Api Argo Cheribon, "Masih ada 10 perjalanan Argo Cheribon yang beroperasi, dari normalnya sebanyak 18 perjalanan tiap hari," kata Luqman.

Luqman mengatakan, atas penyesuaian perjalanan tersebut pihaknya menyampaikan permintaan maaf kepada calon penumpang terkait dibatalkannya perjalanan KA Argo Cheribon untuk sementara waktu ini.

Untuk calon penumpang yang sudah memesan tiket perjalanan KA Argo Cheribon‎, kemudian akan melakukan pembatalan, diminta untuk melakukan konfirmasi ke pihak PT KAI melalui nomor telepon penumpang.

"Biaya sebesar 100 persen akan dikembalikan. Tetapi, kami pun juga memberikan informasi kepada masyarakat yang ingin melakukan perjalanan menggunakan kereta lain," katanya.

Selain pembatalan perjalanan, PT KAI pun sudah menerapkan pengaturan jarak melalui pemasangan garis pembatas di berbagai area stasiun dan di dalam kereta, untuk mengimplementasikan social distancing yang diimbau oleh pemerintah.

"Kami memberikan garis batas di area boarding pass, area loket, dan kursi yang berada di ruang tunggu stasiun. Sedangkan di dalam kereta, untuk KA jarak jauh dan menengah, akan dipindahkan bila berdekatan selama masih tersedia kursi kosong pada KA tersebut,” katanya.‎

Jadwal perjalanan KA Argo Cheribon yang masih beroperasi diantaranya :

1. Keberangkatan Stasiun Cirebon Tujuan Gambir:

a. KA 15 Argo Cheribon berangkat Stasiun Cirebon 06.15 WIB
b. KA 23 Argo Cheribon berangkat Stasiun Cirebon 08.35 WIB
c. KA 27 Argo Cheribon berangkat Stasiun Cirebon 14.15 WIB
d. KA 17 Argo Cheribon berangkat Stasiun Cirebon 16.47 WIB
e. KA 25 Argo Cheribon berangkat Stasiun Cirebon 17.30 WIB

2. Keberangkatan Stasiun Gambir Tujuan Cirebon:

a. KA 16 Argo Cheribon berangkat Stasiun Gambir 10.00 WIB
b. KA 24 Argo Cheribon berangkat Stasiun Gambir 12.20 WIB‎
c. KA 30 Argo Cheribon berangkat Stasiun Gambir 18.10 WIB
d. KA 18 Argo Cheribon berangkat Stasiun Gambir 20.40 WIB
e. KA 26 Argo Cheribon berangkat Stasiun Gambir 21.10 WIB 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
pt kai

Editor : Ajijah
KOMENTAR


Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top