Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jelajah Segitiga Rebana: Rebana dan Keuntungan Bagi Majalengka

Majalengka diproyeksikan akan menjadi pemain utama dalam pengembangan kawasan Segitiga Rebana. Wilayah ini dinilai paling strategis karena dilintasi dua tol sekaligus, Cipali dan Cisumdawu berikut jalur kereta dan bandara.
Peta KEK Rebana
Peta KEK Rebana

Bisnis.com, BANDUNG - Majalengka diproyeksikan akan menjadi pemain utama dalam pengembangan kawasan Segitiga Rebana. Wilayah ini dinilai paling strategis karena dilintasi dua tol sekaligus, Cipali dan Cisumdawu berikut jalur kereta dan bandara.

Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Majalengka sendiri sudah menyiapkan Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) untuk lokasi kawasan industri di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Segitiga Rebana.

Berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun, luas lahan untuk pengembangan kawasan industri di wilayah Kabupaten Majalengka, seluas 5.765 hektare, sebagian besar berada di Kecamatan Kertajati dan Jatitujuh.

K‎epala Bidang Permukiman PUTR Majalengka, Tatang Wistawan, mengatakan, ‎bersama dengan Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bapelitbangda), terus melakukan pembahasan untuk kawasan tersebut.

"Tahun ini mudah-mudahan akan selesai untuk wilayah Kertajati dan Jatitujuh. Kemudian nantinya, para investor bisa mendapatkan perizinan secara elektronik," kata Tatang.

Kebutuhan air untuk kawasan industri di Kabupaten tersebut yakni 2,21 meter kubik persecond, menggunakan suplai air dari Waduk Kadumalik dan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Jatigede. ‎Sedangkan kebutuhan listriknya, ‎1.115,06 megawatt.

Tatang mengatakan, kawasan industri berada di kawasan strategis karena berada di sekitar Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) dan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) yang saat masih dalam pembangunan.‎

Arahan untuk industri di Kabupaten Majalengka, yaitu penerbangan, cargo, logistik, industri tekstil, industri pangan, resin sintetis, dan plastik.‎‎ "Kalau semuanya sudah terhubung insyaallah, wilayah ini akan menjadi KEK‎ terbaik," katanya.‎

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Ajijah
Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper