Presiden PKS Pastikan Dukung Ridwan Kamil

Momen politik Ridwan Kamil bergulir dalam waktu berdekatan. Usai bertemu Prabowo Subianto kini giliran Partai Keadilan Sejahtera (PKS) kembali merajut kedekatan dengan Gubernur Jawa Barat tersebut.
Wisnu Wage Pamungkas
Wisnu Wage Pamungkas - Bisnis.com 10 Februari 2020  |  11:15 WIB
Presiden PKS Pastikan Dukung Ridwan Kamil
Gubernur Jabar Ridwan Kamil (tengah) mendapat dukungan dari PKS yang disampaikan langsung Presiden PKS Sohibul Iman (kedua kanan). Sohibul menyatakan partainya siap mendukung dan membantu program Ridwan Kamil. - Istimewa

Bisnis.com, BANDUNG – Momen politik Ridwan Kamil bergulir dalam waktu berdekatan. Usai bertemu Prabowo Subianto kini giliran Partai Keadilan Sejahtera (PKS) kembali merajut kedekatan dengan Gubernur Jawa Barat tersebut.

Momen ini mengemuka saat PKS menggelar acara Pembukaan Training Orientasi PKS Jawa Barat di Hotel Prama Grand Preanger Jl. Asia Afrika, Kota Bandung, Minggu (9/2/2020). Ridwan Kamil turut hadir sebagai undangan didampingi oleh Presiden PKS Sohibul Iman, Ketua PKS Jabar Haru Suandharu hingga Wakil Ketua Majelis Syura Hidayat Nur Wahid.

Presiden PKS, Sohibul Iman di depan hadirin menyatakan partainya siap mendukung dan membantu program Ridwan Kamil.

“Pak Haru sampaikan bahwa PKS siap sepenuh hati mendukung Ridwan Kamil. Memang merupakan prinsip PKS jadi walaupun di pilgub kemarin kita berhadapan, kita memandang itu sebagai proses normal dari pergantian kekuasaan, dan di situ pasti ada kompetisi,” kata Sohibul, dalam keterangan tertulis yang diterima Bisnis, Senin (10/2/2020).

Menurutnya PKS memiliki prinsip siapapun yang menjadi pemimpin di Jabar harus didorong agar sukses. “Karena harus sukses maka kami mendukung ketika kebijakannya baik untuk masyarakat,” paparnya.

Hanya saja, ia menegaskan bentuk dukungan itu tidak berarti abai dalam melakukan krtitisi. Sikap ini berlaku untuk semua kader atau anggota DPRD di daerah lain. Sikap oposisi yang dipilih oleh elit partai tingkat pusat hanya berlaku untuk pemerintah pusat saja.

Saat disinggung mengenai kemungkinan dukungan diberikan kepada Ridwan Kamil untuk Pilpres 2024, ia memilih untuk tidak menjawab secara rinci. “PKS selalu ingin pemimpin baik itu presiden, gubernur itu sukses sekalipun bukan dari PKS. (Dukungan untuk Pilpres 2023) Ah masih kejauhan,” tukas Sohibul.

Di tempat yang sama, Ridwan Kamil menilai kesuksesan pembangunan tidak bisa terlepas dari peran partai politik. Menanggapi dukungan dari PKS yang punya 21 kursi di DPRD Jabar dianggap sangat berarti.

“Saya butuh masukan, kritikan, maupun harapan untuk bisa terjemahkan sama-sama. Mudah-mudahan kesamaan platform ini menguatkan kesuksesan jabar sampai akhir masa jabatan,” katanya.

Sejauh ini, ia mengklaim tugas yang dijalankan sebagai gubernur Jabar sudah berjalan dengan baik. “Saya kira lancar, salah satunya adalah persetujuan-persetujuan anggaran kan dikonsultasikan juga dengan konstituen melalui partai PKS juga dalam program juga pengawasan, kami rutin komunikasi,” pungkasnya.

Seperti diketahui, PKS menjadi salah satu partai yang sukses mengantarkan Ridwan Kamil mejadi Walikota Bandung pada tahun 2013. Namun, keduanya pecah ketika memasuki kontenstasi Pilgub 2018.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
ridwan kamil

Editor : Ajijah
KOMENTAR


Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top