Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Sekda Kota Bandung Sosialisikan Pemangkasan Eselon 3 dan 4

Pemerintah Kota Bandung mulai menyosialisasikan terkait rencana penyederhanaan birokrasi dengan memangkas eselon 3 dan 4 menjadi pejabat fungsional.
Dea Andriyawan
Dea Andriyawan - Bisnis.com 24 Januari 2020  |  17:33 WIB
Sekretaris Daerah Kota Bandung, Ema Sumarna - Bisnis/Dea Andriyawan
Sekretaris Daerah Kota Bandung, Ema Sumarna - Bisnis/Dea Andriyawan

Bisnis.com, BANDUNG-- Pemerintah Kota Bandung mulai menyosialisasikan terkait rencana penyederhanaan birokrasi dengan memangkas eselon 3 dan 4 menjadi pejabat fungsional.

Sekretaris Daerah Kota Bandung, Ema Sumarna memastikan pejabat eselon 3 dan 4 yang dirubah menjadi pejabat fungsional tetap mendapatkan haknya.

"Masalah take home pay juga tidak akan berkurang, saya pikir tidak ada masalah," kata Ema, Jumat (24/1).

Sosialisasi yang dimaksud oleh Ema adalah dengan berkeliling ke setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk menjelaskan maksud dari penyederhanaan ini.

"Saya perlu jelaskan supaya nanti mereka tidak simpang siur mendapatkan informasi dan itu adalah sebuah keniscayaan, berlaku semua bahwa dari struktural nanti bergeser ke fungsional tetapi kami berikan ruang dulu, mereka melakukan kajian mandiri," kata dia.

Menurutnya perubahan semacam ini di lingkungan pemerintahan bukan hal yang tabu. Terlebih penyederhanaan ini guna meningkatkan pelayanan publik.

"Salah satunya mengubah dari stuktural kepada fungsional, dengan tujuannya bagaimana menghadirkan birokrasi yang dinamis tangkas dan juga professional, out putnya nanti adalah percepatan dalam pengambilan keputusan dan peningkatan kualitas layanan publik," jelas dia.

Sementara dalam penyusunannya, ujar Ema, akan langsung dilakukan oleh Organisasi dan Pendayagunaan Perangkat Daerah (Orpad). Dalam penyusunannya pun Ema memastikan akan melihat skala prioritas, mana jabatan yang harus cepat dirubah, atau mana jabatan yang masih ada waktu untuk dilakukan kajian.

"Kalaupun memang bergeser alasannya apa, nah ini nanti sejalan dengan raperda penyusunan SOTK yang saat ini akan bergerak, karena naskah akan dibuat oleh pemerintah kota bagian organisasi, itu akan disinergikan dengan proses penyederhanaan birokrasi ini," ungkap dia.

Ema pun memastikan di tubuh Pemerintahan Kota Bandung, tidak akan terjadi gejolak seperti yang dikhawatirkan sebelumnya. Pasalnya, ia meyakini perangkat daerah di Pemkot Bandung memiliki pemahaman dan juga visi yang sama dalam meningkatkan pelayanan publik.

"Tidak (khawatir), justru kami sudah jelaskan barusan memberikan arahan tidak ada, karena yang penting nanti jelas bagaimana peran dari struktural kepada fungsional itu seperti apa," tandas dia. (K34)


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pemkot bandung
Editor : Ajijah

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top