Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemkab Garut Siap Bangun Tiga Rumah Sakit Baru di Pelosok

Pemerintah Kabupaten Garut, Jawa Barat, siap membangun tiga rumah sakit tipe D baru di Kecamatan Malangbong, Balubur Limbangan dan Bungbulang untuk memudahkan masyarakat pelosok daerah mendapatkan pelayanan kesehatan yang selama ini harus pergi ke RSUD dr Slamet wilayah perkotaan Garut.
Ilustrasi/Antara
Ilustrasi/Antara

Bisnis.com, GARUT - Pemerintah Kabupaten Garut, Jawa Barat, siap membangun tiga rumah sakit tipe D baru di Kecamatan Malangbong, Balubur Limbangan dan Bungbulang untuk memudahkan masyarakat pelosok daerah mendapatkan pelayanan kesehatan yang selama ini harus pergi ke RSUD dr Slamet wilayah perkotaan Garut.

"Ada tiga daerah akan dibangun rumah sakit baru tipe D oleh Pemkab Garut," kata Wakil Bupati Garut, Helmi Budiman di Garut, Jumat (3/1/2020).

Ia menambahkan, Pemkab Garut sudah melakukan tahapan pembangunan untuk Rumah Sakit Bungbulang, dan tahap perencanaan di Balubur Limbangan, sedangkan Rumah Sakit Malangbong diperkirakan akan selesai tahun 2020.

"Rumah sakit di wilayah Kecamatan Malangbong sedang dalam proses, bulan April sudah mulai beroperasi," ujarnya.

Sedangkan untuk rumah sakit di Kecamatan Bungbulang, lanjut dia tahun 2018 sudah memiliki lahan, namun karena tanahnya labil maka pemerintah mencari lahan lain yang aman dari ancaman bencana.

Jika tahap pembebasan lahan di Bungbulang sudah selesai, tambahnya selanjutnya akan masuk tahap pembangunan rumah sakit yang lokasinya mudah diakses masyarakat.

"Lokasi rumah sakitnya di Desa Bungbulang, tahun ini masuk dalam tahap pembangunan," katanya.

Menurut dia, rumah sakit yang dibangun di tiga kecamatan itu akan memudahkan masyarakat untuk mendapatkan pelayanan kesehatan lebih cepat dan maksimal.

Seperti Rumah Sakit Malangbong, ungkap lokasinya strategis di pinggir jalan, selain memudahkan akses pelayanan, juga bisa memberikan dampak pertumbuhan ekonomi bagi masyarakat sekitar.

"Selain pelayanan kesehatan semakin mudah terjangkau, dampak lainnya bisa meningkatkan perekonomian masyarakat," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Ajijah
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper