Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ridwan Kamil Dinobatkan sebagai Gubernur Desa

Pemerintah Provinsi Jawa Barat di bawah kepemimpinan Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum fokus pada pembangunan desa.
Ridwan Kamil dinobatkan sebagai Gubernur Desa, Jumat (29/11/2019). JIBI/Bisnis/Wisnu Wage
Ridwan Kamil dinobatkan sebagai Gubernur Desa, Jumat (29/11/2019). JIBI/Bisnis/Wisnu Wage

Bisnis.com, BANDUNG - Pemerintah Provinsi Jawa Barat di bawah kepemimpinan Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum fokus pada pembangunan desa.

Salah satu tujuannya supaya ketimpangan sosial masyarakat pedesaan dan perkotaan tergerus. 

Demikian dikatakan Gubernur Jabar Ridwan Kamil saat menghadiri Seminar Desa Tertib Administrasi Menuju Jabar Juara Lahir Batin dan MUSDA IV DPD APDESI (Asosiasi Perangkat Desa Seluruh Indonesia) Jabar di Hotel Grand Preanger, Kota Bandung, Jumat (29/11/19) malam.

"Semangat program Desa Jabar tidak basa-basi, semuanya bermuara pada akselerasi ekonomi," kata Emil –demikian Ridwan Kamil disapa. 

Pemerintah Provinsi Jabar sudah meluncurkan inovasi bernama Desa Juara yang memiliki tiga pilar, yakni digitalisasi layanan desa, One Village One Company (OVOC), dan Gerakan Membangun Desa (Gerbang Desa). 

Dari tiga pilar tersebut turun sederet program, seperti Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), Jembatan Gantung Desa (Jantung Desa), Jalan Mulus Desa, Sapa Warga, dan sejumlah program lainnya.

Pada 2019, Pemerintah Provinsi Jabar sudah membangun 23 Jantung Desa yang tersebar di beberapa Kabupaten. Jantung Desa dibangun untuk mempermudah akses sekolah dan memperbaiki konektivitas antar desa.

Di sektor perikanan, 1.039 kolam yang menggunakan teknologi smart auto feeder. Lewat teknologi itu, memberi pakan ikan bisa menggunaka gawai. Hal tersebut membuat panen bisa naik dari dua menjadi empat kali dalam setahun.

Persentase pendapatan pun melonjak sekira 30 sampai 100 persen. Dengan koneksi internet yang lancar, pemasaran ikan pun dapat dilakukan secara online.

Menurut Emil, 60 persen perhatian Pemda Provinsi Jabar memang tertuju pada pembangunan desa. Dia berharap dampak positif dari pembangunan desa dapat dirasakan semua masyarakat pada 2020.

"Saya punya harapan di akhir 2020 akselerasi ini menghadirkan perubahan," katanya.

Atas inovasi dan akselerasi pembangunan desa, Emil dinobatkan sebagai Gubernur Desa oleh Kepala Desa yang tergabung dalam APDESI Jabar. Penobatan tersebut sudah melalui rapat pleno yang dihadiri oleh APDESI Kabupaten se-Jabar dan Sekretaris Umum APDESI Pusat. 

Ketua APDESI Jabar Enjoy Rizki menyatakan, program desa yang diluncurkan Pemda Provinsi Jabar tepat sasaran.

"Saya melihat bantuan-bantuan ke desa, dan banyak program-program, beberapa desa baik status jadi desa mandiri, ada juga desa yang berkembang jadi desa wisata," kata Enjoy.

Enjoy juga berharap pembangunan desa di Jabar berjalan cepat dan lancar. Jika itu terealisasi, dia optimistis  kesejahteraan masyarakat desa akan terus meningkat. 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper